Dark/Light Mode

Peringatan Hari Habitat & Kota Dunia (1)

SPAM Banjarbakula, Kolaborasi Kemen PUPR & Pemprov Kalsel

Kamis, 13 Oktober 2022 10:20 WIB
Kepala Balai Prasarana Permukiman (BPPW) Kalimantan Selatan, Teuku Davis Hamid. [Rusma/RM.id]
Kepala Balai Prasarana Permukiman (BPPW) Kalimantan Selatan, Teuku Davis Hamid. [Rusma/RM.id]

RM.id  Rakyat Merdeka - Bagi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), setidaknya ada dua tanggal penting pada Oktober ini, yakni 3 dan 31 Oktober. Setiap 3 Oktober, diperingati sebagai Hari Habitat Dunia (HHD), sementara setiap 31 Oktober, diperingati sebagai Hari Kota Dunia (HKD).

Masalah habitat dan perkotaan, jelas amat terkait dengan kementerian yang dipimpin Dr Ir M Basuki Hadimuljono MSc sejak 2014 ini. Untuk ini pulalah Kementerian PUPR menggelar konferensi pers pada Senin, 3 Oktober 2022, tentang peringatan dua tanggal penting ini (Rakyat Merdeka, Rabu, 5 Oktober 2022 h. 9, dan RM.id, Hari Habitat & Kota Dunia, Kemen PUPR: 2024, Nol Kawasan Kumuh!, Selasa, 4 Oktober 2022).

Baca juga : Mentan Ajak Sri Sultan Kolaborasi Pengembangan Pertanian

Pada konpres itu, Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti menjelaskan, peringatan kedua acara tersebut serentak dilaksanakan di seluruh dunia, khususnya di negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB/United Nations). Penyelenggaraannya, disesuaikan antara tema internasional, dengan kondisi di masing-masing negara, termasuk Indonesia.

Peringatan HHD-HKD 2022 ini, lanjutnya, merupakan rangkaian acara dengan tema nasional, "Kolaborasi pentahelix dalam pembangunan permukiman dan perumahan perkotaan menuju nol kumuh”.

Baca juga : Kemen PUPR: 2024, Nol Kawasan Kumuh!

Di antara rangkaian peringatan HHD-HKD, papar Diana, adalah juga Water Adventure Pamsimas (Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat), melibatkan masyarakat bersama para influencer.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.