Dark/Light Mode

Peringatan Hari Habitat & Kota Dunia (1)

SPAM Banjarbakula, Kolaborasi Kemen PUPR & Pemprov Kalsel

Kamis, 13 Oktober 2022 10:20 WIB
Kepala Balai Prasarana Permukiman (BPPW) Kalimantan Selatan, Teuku Davis Hamid. [Rusma/RM.id]
Kepala Balai Prasarana Permukiman (BPPW) Kalimantan Selatan, Teuku Davis Hamid. [Rusma/RM.id]

 Sebelumnya 
Kegiatan ini, menjelajahi proses pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di pedesaan dan perkotaan. Tujuannya, memberikan edukasi, tentang proses penyediaan, kolaborasi dan pentingnya menjaga keberlanjutan penyediaan air minum.

Dari sejumlah capaian kolaborasi ini, ungkap Diana, salah satunya dapat dijumpai di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel). Untuk SPAM, yang bisa dilihat adalah SPAM Banjarbakula di Kota Banjarbaru, Kalsel.

Baca juga : Mentan Ajak Sri Sultan Kolaborasi Pengembangan Pertanian

Seperti tema kolaborasi pentahelix di atas, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya pun terus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda), termasuk dalam mengoptimalkan layanan Regional Banjarbakula di Banjarbaru ini.

Ini pula yang ditegaskan Kepala Balai Prasarana Permukiman (BPPW) Kalimantan Selatan, Teuku Davis Hamid. "SPAM regional pertama di pulau Kalimantan ini dapat dibangun dan beroperasi, berkat dukungan dan kolaborasi yang sangat baik dari Pemprov Kalsel, khususnya terkait penyediaan lahan," jelasnya, kepada wartawan, termasuk Rakyat Merdeka dan RM.id di Banjarbaru.

Baca juga : Kemen PUPR: 2024, Nol Kawasan Kumuh!

SPAM Regional Banjarbakula berada di Kecamatan Banjabaru Utara. Luas lahannya, sekitar 44.492 m2. SPAM ini berfungsi memberikan layanan air minum untuk Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Tanah Laut dengan offtaker Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intan Banjar dan PDAM Tanah Laut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.