Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HUT Ke-42, Menteri Siti: Walhi Konsisten Jadi Pendamping Rakyat

Senin, 17 Oktober 2022 08:42 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya menghadiri peringatan 42 tahun Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) ke-42 di Kabupaten Bogor, Sabtu (15/10).
Menteri LHK Siti Nurbaya menghadiri peringatan 42 tahun Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) ke-42 di Kabupaten Bogor, Sabtu (15/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengucapkan selamat ulang tahun kepada Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) ke-42. NGO ini telah berperan menjadi advokator kebijakan dan pendamping masyarakat di lapangan. 

Ia mengatakan, bahwa peran Walhi sangat penting bagi perjalanan sebuah negara dalam membangun peradaban harmoni alam.

“Saya mengingat saat diskusi bersama Walhi di tahun 2016 tentang usulan program wilayah kelola rakyat dengan berbagai situasi dan permasalahannya di seluruh Indonesia. Kemudian kita explorasi bersama menjadi salah satu kebijakan Perhutanan Sosial dan Tanah Obyek Reforma Agraria. Di mana kebijakan dasarnya telah digariskan dalam Nawa Cita Presiden Jokowi yaitu untuk keadilan lingkungan dan akses kelola hutan yang berpihak pada rakyat,” ujar Siti dikutip, Senin (17/10).

Baca juga : Telkom Cetak Talenta Digital Jadi Pemimpin Muda Masa Depan

“Kita telah menjalankannya hingga 6-7 tahun hingga sekarang ini. Kita tidak hanya menyaksikan, tetapi menjadi bagian penting sebagai perintis dan pelaku. Kita belajar sama-sama dari keberhasilan dan kekurangan atau mungkin kesalahan dalam proses pada kurun waktu yang panjang selama belasan hingga puluhan tahun lalu,” tambah Siti.

Menteri Siti juga mengapresiasi diluncurkannya Training Center Walhi. Hal ini menunjukkan bahwa Walhi tidak tampil sebagai NGO yang sekedar berbeda pandangan dengan Pemerintah, atau bahkan menentang kebijakan Pemerintah. 

“Training Center Walhi  dapat menjadi contoh sebuah lembaga yang mengedepankan aspek pengetahuan, beserta keahlian atau keterampilan mengelola lingkungan,” katanya . 

Baca juga : Hima Persis Apresiasi Komitmen Kapolri Dalam Pemberantasan Narkoba

Menurutnya, skala kesamaan pandang perlu terus diimplementasikan dalam kesamaan gerak, untuk menghadapi tantangan kehidupan manusia di bumi.

“Mari bersama kita perkuat sinergi dan harmoni agar dapat lebih banyak berbuat untuk tumpah darah dan bangsa. Dan kita lebih spesifik untuk alam lingkungan hidup Indonesia tercinta,” tandasnya.

Pada  peringatan 42 tahun ini, Walhi mengambil tagline "Rumah Gerakan Rakyat untuk Keadilan Ekologis". Walhi  menegaskan, posisi sebagai wadah atau rumah yang mengkonsolidasikan dan menghimpun kekuatan gerakan rakyat dalam mewujudkan keadilan ekologis.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.