Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KSP Pastikan Agenda Pembangunan Tetap Jalan Di Tengah Krisis

Senin, 17 Oktober 2022 17:31 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko. (Foto: Istimewa)
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko memastikan, bahwa pembangunan tetap berjalan on track, meski saat ini pemerintah sedang berjibaku mengatasi krisis. Hal itu, dibuktikan dengan capaian kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, pada 2022.

Dia mencontohkan capaian kinerja pada sektor ekonomi. Mengutip data IMF, Moeldoko menyebut, perekonomian Indonesia salah satu yang paling sehat di dunia. Di mana pertumbuhan ekonomi diproyeksikan masih di atas 5 persen, dengan inflasi yang relatif terkendali.

"IMF mengibaratkan sebagai titik terang saat dunia dilanda kegelapan. Ini sebuah apresiasi sekaligus tantangan bagi kita semua untuk bekerja lebih keras dan dengan semangat gotong royong," kata Moeldoko dalam diskusi bersama pemimpin redaksi dan pimpinan media, terkait capaian kinerja pemerintah 2022, di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga : BRI Dorong Pertumbuhan Domestik Lewat UMKM

Moeldoko mengatakan, untuk mengendalikan inflasi, pemerintah melakukan semua yang bisa dilakukan. Mulai dari sinergi antara kebijakan moneter dengan fiskal, mempertahankan, bahkan menambah anggaran subsidi, hingga menggunakan anggaran untuk memberikan bantuan sosial demi mempertahankan daya beli masyarakat.

"Hasilnya terlihat. Inflasi kita masih lebih ringan atau moderat dibandingkan banyak negara lain," tegasnya.

Selain menjaga pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, terang Moeldoko, pemerintah juga memperkuat fondasi perekonomian melalui penguatan produk dalam negeri, termasuk di dalamnya adalah produk UMKM.

Baca juga : Menpora Pastikan Piala Dunia U20 Pada Juni 2023 Tetap Digelar Di Indonesia

Yakni melalui belanja wajib minimal 40 persen untuk produk UKM, dan mendorong UMKM mendaftarkan produknya ke e-Katalog pemerintah.

"Sehingga produk UMKM bisa terserap oleh belanja pemerintah, dan menciptakan multiplier effect yang lebih besar," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Moeldoko juga menyampaikan upaya dan capaian kinerja dalam mengatasi ancaman krisis energi. Ia memastikan, bahwa pemerintah terus bekerja mencari peluang untuk meningkatkan produksi lifting migas.

Baca juga : Dirut BRI Tegaskan Komitmen Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional Di Tengah Ancaman Resesi Global

Sehingga capaian target 1 juta barel minyak per hari dan gas sebesar 12 miliar kaki kubik per hari pada 2030, bisa terwujud. Pemerintah, sambung dia, juga terus mencari sumber-sumber minyak dengan harga kompetitif guna memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Selain itu, secara paralel pemerintah mendukung transisi menuju energi hijau serta pertumbuhan industri kendaraan listrik dalam negeri. Komitmen tersebut telah diwujudkan dalam penerbitan peraturan terkait transisi energi.

Di antaranya, Perpres Nomor 112 Tahun 2022 untuk meningkatkan investasi dan mempercepat pencapaian target bauran energi terbarukan, dan Inpres Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan KBLBB Sebagai Kendaraan Dinas Operasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.