Dark/Light Mode

Literasi Digital Kominfo

Jualan Lewat YouTube Bisa Hasilkan Cuan

Selasa, 18 Oktober 2022 18:56 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi terus melakukan webinar literasi digital di wilayah Sumatera. Kali ini temanya "Konsep Bisnis Digital: Pemasaran Melalui Youtube”.

Di hadapan ribuan peserta, tiga narasumber yang jadi praktisi digital meminta masyarakat agra tidak hanya jadi penonton YouTube. Tapi ikut membuat konten.

Materi pertama disampaikan Denisa Nur, selaku Head of RnD Urban Sakola. Dia mengatakan bahwa kanal YouTube bisa menjadi media pemasaran produk, namun ada yang perlu diperhatikan dalam membuat konten.

Baca juga : Menteri Tito: Pj Gubernur DKI Bisa Diganti Setahun

"Pertama, tidak boleh menggunakan konten atau foto produk orang lain. Kedua, jangan memberikan informasi palsu. Terakhir, selalu memberikan informasi yang bermanfaat kepada konsumen," ujar Denisa Nur.

Hal senada disampaikan Lusi Ayu Daningsih, Duta Kampus Universitas Putra Indonesia (UNPI) Cianjur. Dia menjelaskan ada beberapa konten yang bisa dibuat untuk pemasaran produk.

"Pertama, konten audiovisual. Kedua, konten short. Ketiga, Iklan atau Banner Virtual," paparnya.

Baca juga : Ketum Perpani DKI Minta Atlet Panah Jaga Nama Baik Jakarta

Sedangkan Aji Kresno selaku Ketua Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Jakarta melengkapi pembahasan mengenai konsep pemasaran melalui youtube ditinjau dari perspektif pilar aman digital.

Dia mengatakan, ada tiga tips sederhana yang dapat dilakukan untuk melindungi akun YouTube dari kejahatan digital. Pertama, tidak sembarangan membuka link atau web yang bukan dari sumber terpercaya. Kedua, selalu menggunakan watermark setiap kali memposting konten ke ruang digital.

"Terakhir, tidak sembarangan memberitahukan kode OTP (One Time Password) dan selalu memperbarui password akun toko online Anda," tukasnya.

Baca juga : Hima Persis Apresiasi Komitmen Kapolri Dalam Pemberantasan Narkoba

Diketahui, webinar ini merupakan bagian dari Program #MakinCakapDigital yang digaungkan Kominfo sejak tahun 2021.

Program itu dibuat lantaran masyarakat Indonesia saat ini mayoritas telah melek digital. Guna memaksimalkan itu, Kominfo menggalakkan literasi digital untuk meningkatkan kemampuan kognitif masyarakat.

Salah satunya, lewat program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022” yang bertujuan membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.