Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Literasi Digital Kominfo

Bikin Konten Harus Perhatikan UU ITE

Jumat, 21 Oktober 2022 16:12 WIB
Webinar Tips Digital: Pemasaran Berbasis Konten, yang digelar Kementerian Kominfo. (Foto: Zoom)
Webinar Tips Digital: Pemasaran Berbasis Konten, yang digelar Kementerian Kominfo. (Foto: Zoom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai menggelar webinar literasi digital untuk komunitas di wilayah Maluku, Papua, dan sekitarnya.

Kali ini temanya “Tips Digital: Pemasaran Berbasis Konten”. Webinar tersebut dihadiri sekitar 1.200 orang dengan menghadirkan tiga praktisi digital sebagai narasumber.

Business Consultant dan Praktisi Literasi Digital, Syarif Maulana memberikan tips pemasaran berbasis konten ditinjau dari perspektif etika digital.

Dia menjelaskan, pemasaran berbasis konten adalah salah satu teknik pemasaran digital marketing yang dilakukan dengan menggunakan konten sebagai sarana atau media informasi untuk melakukan promosi.

Baca juga : BNIDirect Tawarkan Solusi Digital Bisnis Lengkap

"Dalam membuat konten tentu memerlukan etika di dalamnya untuk menjaga nama baik dan terhindar dari Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)," katanya.

Dia melanjutkan, ada empat prinsip etika pemasaran berbasis konten yang harus di pahami. Pertama, dalam membuat konten perlu adanya empati. Kedua, kejujuran.

"Ketiga, transparansi atau keterbukaan. Ke-empat, selalu menjaga janji yang sudah diberikan atau ditawarkan kepada konsumen," jelas Syarif Maulana.

Selanjutnya, Head of RnD Urban Sakola, Denisa Nur membahas tips pemasaran berbasis konten ditinjau dari perspektif cakap digital. Ia membagikan empat tips melakukan pemasaran berbasis konten yang bisa kita lakukan.

Baca juga : Transformasi Digital UMKM, Bappenas Gandeng Jerman

"Pertama, buatlah konten berdasarkan topik yang sedang trending. Kedua, sesuaikan konten dengan target audiens. Ketiga, pilih sosial media yang tepat dan sesuai dengan target audiens. Terakhir, konsisten dalam share konten di sosial media," papar Denisa Nur.

Terakhir, Kepala Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Jakarta, Aji Kresno membahas mengenai tips pemasaran berbasis konten ditinjau dari perspektif keamanan digital.

Ada empat tips agar aman dalam membuat konten pemasaran digital. Pertama, selalu ingat tidak ada yang aman di dunia digital karena itu mengaktifkan password menjadi sebuah keharusan.

Kedua, selalu berikan watermark setiap kali membuat dan menyebarkan konten promosi untuk menjaga konten dari plagiasi.

Baca juga : Perindo Yakin Naik Kelas

"Ketiga, selalu berikan brand identity di setiap konten Anda. Terakhir, laporkan jika mendapati konten Anda ditiru oleh orang lain," pungkas Aji Kresno.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.