Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadapi Covid Dan Dampaknya

Menkes: Badai Pasti Berlalu

Senin, 24 Oktober 2022 07:45 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun 2023 diprediksi men­jadi tahun yang menantang bagi Indonesia. Tapi Pemerintah optimistis dan tidak takut. Pemerintah yakin, badai Covid dan dampaknya terhadap per­ekonomian akan bisa dihadapi jika semua pihak bekerja sama.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers virtual bertajuk Capaian Pemerintah Di Tahun 2022.

“Saya mau kasih metafora sedikit. Nenek moyang kita tuh pelaut. Nenek moyang kita su­dah sering menghadapi badai,” ujar Budi, kemarin.

Baca juga : BPBD DKI Jakarta Siaga Penuh Hadapi Bencana

Badai yang dimaksud saat ini bisa berupa tantangan meng­hadapi pandemi Covid-19, dampaknya, hingga persoalan lain yang menyangkut sosial, ekonomi dan politik.

Ada dua opsi. Balik mundur atau maju terus berlayar dengan seluruh keahliannya memanfaat­kan angin di belakang untuk bisa menerjang badai, dan sampai ke tujuan lebih cepat.

Mantan Direktur Utama PT Inalum (Persero) ini mengingat­kan, dalam menghadapi badai, pelaut tidak boleh asal. Mereka harus memiliki bekal dan ke­mampuan terbaik. Juga sikap optimistis ketika badai sudah di depan mata.

Baca juga : Mendes PDTT: Perempuan Kunci Pencapaian SDGs Desa

Selain itu, butuh kerja sama mempertahankan kapal agar terus berlayar dan tidak tenggelam.

“Pesan saya, bangsa kita bangsa kuat, dengan modal so­sial yang luar biasa,” tuturnya.

Menurutnya, jika semua elemen masyarakat bersama Pemerintah kompak, apapun tantangannya bisa jadi dilewati dengan baik. Hal itu sudah terbukti saat negara menghadapi puncak kasus Covid-19 di tahun lalu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.