Dark/Light Mode

Hadapi Cuaca Ekstrem

BPBD DKI Jakarta Siaga Penuh Hadapi Bencana

Rabu, 19 Oktober 2022 17:33 WIB
Personel BPBD DKI Jakarta mengecek kesiapan perahu karet untuk digunakans saat banjir. (Foto: Istimewa)
Personel BPBD DKI Jakarta mengecek kesiapan perahu karet untuk digunakans saat banjir. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya telah memasuki awal musim hujan pada Oktober 2022. Puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada bulan Januari-Februari 2023. 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau, agar Pemerintah Daerah, masyarakat, dan seluruh pihak untuk bersiap siaga menghadapi potensi bencana hidrometeorologi. Di mana tahun 2023, curah hujan di sebagian wilayah Indonesia tinggi. Diprakirakan akan melebihi rata-ratanya.
 
Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, Isnawa Adji mengatakan, sudah melakukan sejumlah upaya dan memastikan penanggulangan bencana dapat berjalan dengan baik. 

Baca juga : Kubah Masjid Islamic Center Jakarta Utara Kebakaran

“BPBD DKI memiliki sebanyak 267 orang petugas penanganan bencana atau yang biasa dikenal dengan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang telah disiagakan di seluruh kelurahan yang ada di Jakarta dalam mengantisipasi bencana yang dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem, seperti banjir ataupun tanah longsor,” kata Isnawa, Rabu (19/10). 

Ia menyebut, bahwa setiap personel secara intens berkoordinasi dengan para Lurah untuk memantau dinamika perkembangan bencana yang terjadi di wilayahnya masing-masing.

Baca juga : Tiba Di Balaikota DKI Jakarta, Pj. Gubernur Heru Budi Hartono Langsung Bekerja

BPBD DKI juga langsung mendesiminasikan informasi BMKG tersebut melalui website bpbd.jakarta.go.id, media sosial (instagram, twitter, dan facebook), dan kanal lainnya seperti WhatsApp Group dan Telegram. 

Personel gabungan yang terdiri dari TRC BPBD, Satgas Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat, Satpol PP, dan PPSU Kelurahan serta unsur terkait lainnya akan langsung diterjunkan di titik-titik yang menjadi kawasan rawan banjir.

Baca juga : Sah, DKI Jakarta Punya Gubernur Baru

“Setiap personel TRC pun melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana pendukung penanggulangan bencana yang telah didistribusikan ke setiap kelurahan yang berada di kawasan rawan banjir,” ujarnya. 

Isnawa memastikan, setiap peralatan dalam keadaan layak fungsi dan siap digunakan untuk membantu masyarakat dalam penanganan banjir.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.