Dark/Light Mode

Kemenag: Peran Agama dan Tokoh Dukung Kemajuan Bangsa

Selasa, 1 November 2022 17:11 WIB
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin. (Foto: Dok. Kemenag.
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin. (Foto: Dok. Kemenag.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin, memastikan agama dan tokoh-tokoh agama memiliki peran sentral dan fundamental dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) alias tujuan pembangunan berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan nasional dan amanat konstitusi Indonesia.

“Kami ambil contoh tentang kemiskinan, reducing poverty di mana agama serta tokoh agama misalnya dalam konteks Islam, ada namanya zakat, wakaf, infak, dan sadaqah,” kata Kamaruddin usai menghadiri acara International Partnership on Religion and Sustainable Development (PaRD) Annual Forum on Religion and Sustainable Development 2022 di Badung, Bali, Selasa (1/11).

Baca juga : Lestari: Menangkan Persaingan Global, Perkuat Kemandirian Bangsa

Ada jutaan rakyat di Indonesia mendapat bantuan dari dana zakat, wakaf, infak dan sadaqah. Bahkan, mengubah mereka yang tadinya berhak menerima zakat menjadi wajib mengeluarkan zakat. Karena transformasi status dari tidak mampu menjadi golongan mampu.

Karena itu, menurutnya Pemerintah telah banyak sekali men-deliver program terkait dengan pencapaian SDGs. Yang mana agama berperan sangat fundamental dalam mewujudkan SDGs. Mulai dari gender hingga politik.

Baca juga : Korban Meninggal Jembatan Roboh Di India, Kini Tembus 132

"Di mana kontribusi agama sangat signifikan dalam upaya negara mengurangi angka kemiskinan," ujarnya. 

Berbagai program Pemerintah antara lain memanfaatkan kualitas pendidikan, meningkatkan kesetaraan gender, penanganan pandemi Covid-19, penurunan stunting, pengentasan kemiskinan serta peningkatan kesejahteraan. Hal ini agama dan tokoh agama terbukti menjadi salah satu instrumen dalam mewujudkan SDGs di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.