Dark/Light Mode

Kemenag: Peran Agama dan Tokoh Dukung Kemajuan Bangsa

Selasa, 1 November 2022 17:11 WIB
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin. (Foto: Dok. Kemenag.
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin. (Foto: Dok. Kemenag.

 Sebelumnya 
“Juga tentang gender dan equality, ini membutuhkan penjelasan dari perspektif agama untuk bisa diterima oleh masyarakat, karena Indonesia adalah negara dengan bangsa yang sangat relijius. Disinilah peran sentral agama dan tokoh agama,” jelas Kamaruddin.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama saat ini memiliki 50.262 penyuluh agama yang tersebar di seluruh Indonesia. Penyuluh merupakan tokoh agama yang secara rutin menyampaikan bimbingan keagamaan dan kebangsaan kepada masyarakat.

Baca juga : Lestari: Menangkan Persaingan Global, Perkuat Kemandirian Bangsa

"Penyuluh agama juga menjadi instrumen dalam menyampaikan berbagai program pemerintah dengan bahasa agama. Mereka merupakan tokoh yang disegani sekaligus dirujuk di komunitasnya," tuturnya.

Dalam edisi perdana penampilan Indonesia dalam forum PaRD ini, Kamaruddin menerangkan Pemerintah akan bekerjasama dengan tokoh-tokoh agama dari berbagai negara. Tujuannya untuk menambah sekaligus berbagi ilmu serta pengalaman Indonesia dalam mewujudkan tujuan SDGs melalui agama dan tokoh agama.

Baca juga : Korban Meninggal Jembatan Roboh Di India, Kini Tembus 132

Seluruh peserta terkesan dengan metode kerja, kinerja hingga capaian SDGs Indonesia di masa krisis dunia akibat beragam persoalan dunia. Seperti pandemi Covid-19, turunnya ekonomi hingga invasi Rusia ke Ukraina. Sehingga akan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Indonesia.

“Ini 145 peserta dari 50 negara dunia dapat kita sharing pengalaman, sharing pendapat dan juga sharing dalam pembangunan agama yang menjadi kontribusi Indonesia yang tengah merancang RPJMN, rencana pembangunan jangka menengah nasional,” ujar Kamaruddin.

Baca juga : Kejagung Minta Bantuan Organisasi Jaksa Sedunia

Selain Dirjen Bimas Islam, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib, Kasubdit Kemasjidan, Akmal Salim Ruhana dan Kasubdit Kemitraan Umat Islam, Ali Sibromalisi juga mewakili Pemerintah dalam PaRD Annual Forum ini.

Sebagai informasi, PaRD merupakan organisasi global yang terdiri dari 145 anggota dari 50 negara yang memfasilitasi kerja sama antar-negara, antar-pemerintahan, riset akademis, agama, dan organisasi keagamaan masyarakat untuk mempercepat pencapaian SDGs. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.