Dark/Light Mode

Buka Kejurnas di Yogyakarta, Ketum Pergatsi: Gateball Siap Hadapi PON 2024

Sabtu, 5 November 2022 18:46 WIB
Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Gateball Tahun 2022 di Taman Wisata Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (5/11).
Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Gateball Tahun 2022 di Taman Wisata Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (5/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi) menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Gateball Tahun 2022 yang berlangsung di Taman Wisata Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (5/11). 

Ketua Umum Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) yang juga menjabat .
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, olahraga gateball dapat mengasah kemampuan bekerja sama dalam tim yang juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Olahraga gateball membutuhkan strategi dan kerja sama tim. Kejurnas ini juga sebagai persiapan menuju PON XXI 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara (Sumut)," kata Basuki.

Baca juga : Erick: Gerakan Musisi Dunia Untuk Perdamaian Siap Mengawali G-20

Kejurnas gateball yang berlangsung dari tanggal 5-9 November 2022 tersebut diikuti tim dari perwakilan 25 provinsi se-Indonesia. Kejurnas ini merupakan salah satu syarat menuju pelaksanaan PON XXI tahun 2024.

Menteri dari PDI Perjuangan ini mengatakan, untuk lebih memperkenalkan olahraga gateball kepada masyarakat luas, pertandingan gateball selalu diselenggarakan di tempat terbuka yang banyak dikunjungi masyarakat. 

"Seperti Kejurnas kali ini digelar di Taman Wisata Candi Prambanan. Sebelumnya, Dharma Wanita Kementerian PUPR juga mengadakan pertandingan gateball di GBK Senayan," kata Basuki.

Baca juga : TC Di Yogyakarta, Pesut Etam Siap Gelar Laga Uji Coba

Olahraga gateball dikenal sebagai perpaduan beberapa cabang olahraga yang membutuhkan strategi dan tingkat konsentrasi tinggi di antaranya golf dan catur, sehingga tepat untuk melatih menyelesaikan pekerjaan yang lebih cepat, lebih tepat, dan lebih baik sehingga juga menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi. 

Gateball adalah olahraga rekreasi sekaligus olahraga kompetisi. Gateball menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam event  internasional olahraga rekreasi yang diselenggarakan oleh The Association For International Sport for All (Tafisa). 

Tafisa Game diadakan setiap 4 tahun sekali, dengan mempertandingkan sejumlah olahraga rekreasi seperti Egrang, Barongsai dan Gateball.

Baca juga : Komunitas Truk DKI Jakarta Mantap Dukung Ganjar Jadi Presiden 2024

Cabang olahraga gateball merupakan modifikasi permainan croquet, yang menggunakan palu untuk memukul bola. Olahraga ini tidak mengenal batas tertentu sehingga tergolong sebagai barrier-free sport (olahraga tanpa batas). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.