Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Reforma Agraria Sukses Kerek Ekonomi Pengelola Lahan Redetribusi

Jumat, 11 November 2022 05:48 WIB
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto. (Foto: Ist)
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Reforma agraria terbukti bermanfaat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pengelola lahan redistribusi.

Hal itu nampak dari beberapa lahan yang diredistribusi lalu dimanfaatkan oleh masyarakat dengan mulai menciptakan produk yang memiliki nilai ekonomi.

Dalam Kegiatan diskusi yang dilaksanakan jelang penutupan HANTARU 2022 Kementerian ATR/BPN pada Selasa, (8/11).

Baca juga : Sri Mulyani Realistis

Dilanjutkan dengan lokakarya produk yang dihasilkan oleh penerima lahan.

Direktur Landreform, Sudaryanto, menjelaskan, konsep reforma agraria adalah cara untuk menata kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfataan tanah yang berkeadilan.

“Reforma agraria bertujuan untuk mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah dalam rangka menciptakan keadilan serta menangani Sengketa dan Konflik Agraria,” kata Sudaryanto dalam keterangan yang diterima, Kamis (10/11/2022).

Baca juga : Lestari Dukung Percepatan Pengesahan UU PPRT

Sudaryanto menjelaskan bahwa berdasarkan amanat Perpres no. 86/2018 tentang Reforma Agraria yg terdiri dari Penataan Aset dan Penataan Akses Akses dapat menciptakan model kampung reforma agraria di beberapa wilayah yang sudah layak menjadi percontohan, dan tes timoni kisah sukses dari Program Strategis Nasional Reforma Agraria.

Diantaranya adalah Desa Warungkiara, Sukabumi Jawa Barat, Desa Arjasari, Kab Bandung Jawa Barat, Koperasi Pemasaran Koerintji di Kab Kerinci, Jambi, Desa Mekarjaya Kab Batanghari Jambi, Distrik Prafi, Warmare dan Masni di Manokwari Papua Barat.

Produk-produk hasil binaan Reforma Agraria juga digelar pada kegiatan UMKM Expo yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga : Menag Yaqut: Agama Sumber Inspirasi Persoalan Internasional

Sejumlah produk ialah kain batik, Songket, anyam-anyaman, olahan ikan, bandeng, keripik, pernak pernik, asesoris, kopi khas dari berbagai daerah dan banyak lagi yang lainnya.

Sudaryanto optimis apabila setiap tanah yang diredistribusi di manfaatkan dengan baik dengan mendapatkan pendampingan maka akan meningkatkan nilai ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat.

“UMKM Expo adalah wadah untuk menunjukan produk-produk yang dihasilkan dari program reforma agraria, Terbukti dengan binaan dari IKAWATI di seluruh Provinsi, kabupaten/kota se Indonesia maka tanah tersebut menghasilkan output yang luar biasa. Saya optimis hal ini akan menggerakan roda perekonomian negara," kata Sudaryanto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.