Dewan Pers

Dark/Light Mode

BNPT Bekali Entrepreneurs Organization Indonesia Kemampuan Cegah Terorisme

Jumat, 18 November 2022 15:44 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Deputi Kerjasama Internasional menerima visitasi Entrepreneur's Organization Indonesia ( EO ) di Kantor Pusat BNPT Sentul, Bogor.

"Dalam visitasi ini, BNPT RI sangat senang menyambut para pelaku usaha. Lewat program learn from expert BNPT RI siap untuk meningkatkan pengetahuan anggota dalam bidang pencegahan dan penanggulangan terorisme," jelas M. Zaim Nasution Direktur Regional dan Multilateral BNPT, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (18/11).

Zaim Nasution menambahkan jika EO memiliki sebuah program rutin yakni learn from expert , di mana anggota berkesempatan belajar langsung dengan ahli atau pakar dalam bidangnya.

Berita Terkait : Bikin Inovasi Dan Terobosan!

Visitasi ini juga diisi oleh sharing pengalaman dari Stephen McGown, seorang Warga Negara Inggris dan Afrika Selatan yang pernah diculik oleh kelompok Al-Qaeda di Timbuktu, Mali pada tahun 2011 dan ditahan selama 6 tahun.

"Selama di kamp tahanan, saya berusaha keras untuk bertahan hidup. Kembali ke rumah hidup-hidup menjadi tujuan satu-satunya. Untuk mencapai ini, saya menyadari bahwa saya harus melakukan semua yang saya bisa untuk meningkatkan status saya di mata para penculik" ungkapnya dalam sesi sharing.

Untuk mencapai tujuan tersebut, McGown belajar sendiri bahasa Arab dan Prancis. Dia turut memberikan motivasi bagaimana menghadapi situasi sulit ketika dalam kondisi yang mencekam.

Berita Terkait : Yandri Ngarep Perempuan Indonesia Teladani Para Pejuang

"Jika anda dalam kesulitan tetaplah mengubah kesulitan itu menjadi suatu hal yang positif" serunya.

Dasar Hukum Undang-Undang No. 5 tahun 2018, Program Deradikalisasi, hingga inovasi Program Warung NKRI dan KTN menjadi materi pembekalan yang diberikan.

Visitasi ditutup dengan sesi diskusi bersama 40 anggota EO Indonesia dan kunjungan ke BLK untuk meninjau balai-balai latihan bagi para mitra deradikalisasi.

Berita Terkait : Jokowi: Indonesia Berduka Bersama Rakyat Korsel

Kegiatan Visitasi ini turut dihadiri Inspektur BNPT Catur Iman Pratignyo, Kepala Biro Umum (Karoum) BNPT Marsma TNI Fanfan Infansyah, Kasubdit Bina Dalam Lapas Khusus Teroris Kol.(Inf) Kurniawan dan Kasubdit Perlindungan WNI dan Kepentingan Nasional di Luar Negeri, Kolonel (Cpl) Sigit Karyadi. ■