Dark/Light Mode

KPK Beri Penghargaan Implementasi Pendidikan Antikorupsi Bagi 3 Sekolah Terpilih

Jumat, 9 Desember 2022 22:13 WIB
Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka.
Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka.

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberi penghargaan Implementasi Pendidikan Antikorupsi (PAK) pada tiga sekolah yang terpilih melakukan praktik baik dalam implementasi pendidikan antikorupsi.

Penghargaan ini diserahkan di Gedung Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, dalam rangkaian acara Hari Antikorupsi Sedunia yang diperingati setiap tanggal 9 Desember.

"Dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (HAKORDIA) 2022, KPK memberikan apresiasi bagi sekolah-sekolah yang melaporkan data Implementasi Pendidikan Antikorupsi. Apresiasi ini juga diharapkan dapat memacu sekolah-sekolah yang telah memiliki akun untuk dapat lebih aktif dalam membuat laporan yang terbaik,” kata Firli.

Sekolah yang menerima penghargaan tersebut adalah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Jawa Tengah, SMP Negeri 10 Purwakarta, Jawa Barat dan SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk, Jawa Timur.

Baca juga : KASN Anugerahkan Penghargaan Sistem Merit Ke 174 Instansi Pemerintah

Praktik baik yang dilakukan SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta adalah dengan menerapkan metode habituasi dengan inovasi pemanfaatan teknologi berupa kartu pintar bernama m1smartcard, yang mampu meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan disiplin warga sekolah.

Sedangkan SMP Negeri 10 Purwakarta, Jawa Barat menerapkan pendidikan berkarakter 7 Poe Atikan sebagai budaya sekolah. Kegiatannya di antaranya, Tatanen di Bale Atikan, Daur Ulang Sampah, dan Beas Kaheman.

Sementara itu SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk, Jawa Timur menyelenggarakan program SINTAS SANTIK (Sekolah Integritas, Sekolah Antikorupsi), yang merupakan terobosan luar biasa untuk menumbuhkembangkan karakter integritas dan budaya anti korupsi seluruh warga sekolah.

Dalam ajang penghargaan ini, KPK juga memberikan penghargaan kepada Pemenang Kompetisi Pengembangan Nilai Kejujuran untuk Anak Usia Dini yaitu KB IT Al Mawaddah Jakarta, KB PAUD Istiqlal Jakarta dan PAUD Quantum Kids 3 Jakarta.

Baca juga : Pentingnya Integrasi Pendidikan SDM Dengan Teknologi

Sebelumnya, pada Semester dua Tahun 2021, KPK berhasil membangun sebuah modul monitoring dan evaluasi implementasi pendidikan antikorupsi di platform JAGA.ID.

Melalui modul ini, KPK dapat memastikan daerah mana saja di Indonesia yang sudah memiliki payung hukum implementasi pendidikan karakter dan budaya antikorupsi dan bagaimana metode implementasinya di tingkat sekolah.

Kemudian selama 2021-2022, KPK melalui Direktorat Jejaring Pendidikan melakukan Bimbingan Teknis Penggunaan Modul Monev Implementasi PAK di platform JAGA.ID.

Hal itu untuk memastikan dinas terkait dapat menggunakannya dalam melaporkan data implementasi PAK ditingkat dinas dan pembuatan akun atau user Satuan Pendidikan di masing-masing daerah.

Baca juga : Berani Sunat Center (BSC) Hadirkan Metode Sunat Tercanggih

Sehingga di tingkat sekolah pun dapat ikut aktif melaporan data implementasi pendidikan karakter dan budaya antikorupsi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.