Dark/Light Mode

BNPT Ajak Masyarakat Aceh Waspadai Potensi Aksi Terorisme

Rabu, 14 Desember 2022 12:09 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar mengajak masyarakat Aceh untuk membangun kesiapsiagaan nasional secara aktif dan melibatkan banyak pihak atau multipihak.

Adanya kesiapsiagaan nasional, akan membangun kesadaran masyarakat untuk selalu waspada dengan potensi ancaman terorisme yang dapat terjadi kepada siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

"Kesiapsiagaan itu lebih kepada langkah-langkah mitigasi agar semua kita bangkit bersama untuk waspada, untuk kita berhati hati dan kita semua memiliki kesadaran bahwa ancaman terorisme bisa kapan saja terjadi dan menimpa siapa saja,” ajak Kepala Boy, dalam Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional di Amel Convention Hall Lamteh, Banda Aceh, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (14/12).

Baca juga : Kepala BNPT Imbau Masyarakat Aceh Waspada Gerakan Terorisme

Mantan Kapolda Banten ini mendorong masyarakat aceh untuk turut berperan aktif menjadi garda terdepan bangsa Indonesia dalam menjaga dan mempertahankan kebudayaan, adat istiadat dan semangat toleransi.

Serta, menjaga Pancasila demi menghadirkan kehidupan yang harmonis di Bumi Serambi Mekkah.

“Sebagai Provinsi yang mendapat julukan Bumi Serambi Mekkah, Aceh memiliki penduduk multikultural yang hidup secara harmonis dan mengedepankan toleransi antar umat beragama. Hal ini tentunya harus dirawat bersama-sama dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia di bawah naungan Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa,” ungkap Boy Rafli.

Baca juga : Jelang Nataru, Ganjar Ajak Masyarakat Tunjukkan Toleransi Beragama

Jenderal polisi bintang tiga ini menambahkan pentingnya glorifikasi semangat nasionalisme oleh setiap warga negara demi meminimalisir upaya-upaya propaganda dan penyebaran paham yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa.

"Mari kita gelorakan nasionalisme guna mempersempit ruang gerak propaganda dan penyebaran paham radikal terorisme di masyarakat, Khususnya di Aceh," imbaunya.

Senada dengan Boy, Penanggung Jawab Gubernur Aceh yang diwakili oleh Pelaksana Harian Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh, Masrimin mengatakan, kesuksesan untuk mencegah propaganda, radikalisasi dan tindak pidana terorisme membutuhkan kemauan, dukungan dan kerja sama semua pihak, khususnya masyarakat sipil.

Baca juga : Empat Sekawan Ajak Masyarakat Kota Serang Untuk Bangga Terhadap KUHP

"Besar harapan kami komitmen tersebut bisa terus diperkuat oleh seluruh pihak salah satunya melalui kegiatan deklarasi yang dilaksanakan pada hari ini," katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.