Dark/Light Mode

Desa Wisata Sukses, Gus Halim: Butuh Peran Aktif Pemda

Kamis, 15 Desember 2022 10:32 WIB
Foto: Dok. Kemendes PDTT
Foto: Dok. Kemendes PDTT

 Sebelumnya 
Gus Halim menegaskan percepatan pembangunan desa membutuhkan kekuatan supra desa termasuk pemerintah daerah.

Menurutnya kesadaran ini harus dibangun karena terkadang ada beberapa pemda yang tidak support program percepatan pembangunan desa khususnya pengembangan desa wisata.

“Pengelolaan desa wisata itu membutuhkan dukungan penuhh pemerintah. Cuma kadang kadang pemerintah daerah tidak ngeh. Makanya terima kasih kepada bupati walikota yang mendukung betul terhadap desa wisata desa wisatanya termasuk Bali ini,” ujar Gus Halim.

Baca juga : Gus Halim: Desain Baru Pengelolaan Transmigrasi Tinggal Penetapan

Ketua DPRD Jawa Timur 2014-2019 ini mengatakan pengembangan Desa Wisata di berbagai daerah tidak hanya berdampak pada ekonomi desa semata.

Lebih dari itu pengembangan desa wisata juga akan memberikan perhatian besar bagi kelestarian budaya maupun alam sebagai modal dasar keberadaan desa wisata.

“Desa wisata itu harapannya bukan tujuan, tetapi dampak dari pelestarian alam yang dilakukan oleh warga masyarakat, kemudian alamnya menjadi indah airnya menjadi bagus,” ujar Gus Halim.

Baca juga : Peringati HBT ke-72, Gus Halim Serahkan Sejumlah Penghargaan dan Bantuan

Sementara itu Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito mengatakan Lomba Promosi Desa Wisata sudah berlangsung sejak Januari - Desember 2022.

Dikatakan Sugito, hadiah pemenang lomba tahap I sudah berikan pada bulan Juni 2022 dalam acara penganugerahan pemenang lomba yang saat itu dihadiri oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

"Jumlah peserta sebanyak 1.547 desa dengam total voters atau pemilih mencapai 1.304.635," ujar Sugito. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.