Dark/Light Mode

Desa Wisata Sukses, Gus Halim: Butuh Peran Aktif Pemda

Kamis, 15 Desember 2022 10:32 WIB
Foto: Dok. Kemendes PDTT
Foto: Dok. Kemendes PDTT

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberadaan desa wisata potensial menjadi jalan kebangkitan ekonomi desa pasca pandemi Covid-19. Peran aktif pemerintah daerah untuk mendukung penuh pengembangan desa wisata di wilayah masing-masing sangat dibutuhkan.

“Saat ini, wisata desa, menjadi salah satu yang sangat prospektif untuk terus kita kembangkan. Kami menilai wisata desa dapat menjadi jalan rebound ekonomi bagi desa-desa, setelah pandemi Covid-19. Tetapi kita butuh dukungan penuh dari masing-masing pemerintah daerah,” ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) di malam Penganugerahan Pemenang Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara 2022 Tahap II di Pullman Hotel, Rabu (14/12).

Baca juga : Gus Halim: Desain Baru Pengelolaan Transmigrasi Tinggal Penetapan

Gus Halim menjelaskan pengembangan Desa Wisata menjadi salah satu fokus program kerja dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Menurutnya berbagai langkah telah diambil baik dalam bentuk penguatan regulasi maupun program kerja untuk memperkuat pengembangan desa wisata.

Baca juga : Peringati HBT ke-72, Gus Halim Serahkan Sejumlah Penghargaan dan Bantuan

“Sejak awal Januari 2022 misalnya kita luncurkan aplikasi desa wisata nusantara untuk membantu promosi dan meningkatkan layanan bagi wisatawan. Kita juga terus menguatkan badan hukum Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) sebagai pengelola berbagai desa wisata di Indonesia agar bisa menjalin kerja sama dengan para pihak pendukung desa wisata,” ujar Gus Halim.

Berbagai langkah Kemendes PDTT ini, lanjut Gus Halim akan lebih efektif jika mendapatkan dukungan penuh dari masing-masing kepala daerah.

Baca juga : Dubes Panama Kunjungi Batam, Gali Potensi Kerja Sama Maritim

Ia memberikan apresiasi kepada beberapa Pemda yang concern terhadap pengembangan desa wisata seperti Pemda Gianyar.

“Kami berterimakasih kepada Bupati Gianyar karena dari pantauan kami setidaknya ada tujuh desa wisata di Kabupaten Gianyar yang mendapatkan peringkat terbaik dalam lomba pengembangan desa desa wisata yang digelar oleh Kemendes PDTT,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.