Dark/Light Mode

Kemenkes Siapkan 14.641 Sarana Kesehatan Di Jalur Mudik Nataru

Kamis, 22 Desember 2022 17:48 WIB
Foto: Dok. Kemenkes
Foto: Dok. Kemenkes

 Sebelumnya 
Lebih lanjut Yanti menjelaskan, pos kesehatan telah disiapkan di pintu pintu exit tol, di kalur tol operasional (rest area) pos kesehatan di jalur non tol, pos kesehatan di jalur penyeberangan, pos kesehatan di bandara, tempat ibadah yang ramai dikunjungi masyarakat, dan tempat Wisata.

Selain menyiapkan sarana Kesehatan tersebut juga disiapkan pelayanan vaksinasi khususnya vaksinasi booster, baik di beberapa pos Kesehatan dan puskesmas.

Disamping itu, promosi kesehatan mengenai pentingnya protokol kesehatan selama libur Nataru juga dilakukan pada setiap pos Kesehatan yang didirikan. Hal ini sesuai Inmendagri Nomor 50 Tahun 2022 dan Inmendagri Nomor 51 Tahun 2022, bahwa seluruh kabupaten/kota di Indonesia saat ini masuk dalam PPKM kategori level 1, seluruh kegiatan masyarakat dapat dilakukan secara normal dengan protokol Kesehatan ketat.

Baca juga : Berikan Solusi Kesehatan, Kalbe Luncurkan Nutrigenme Life

Pemantauan kesiapan pos Kesehatan, fasilitas pelayanan Kesehatan, dan sarana Kesehatan lain pada libur natal 2022 dan tahun baru 2023 dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan melalui direktorat Pelayanan Kesehatan Primer dengan melibatkan lintas program terkait di lingkungan Kemenkes mulai 21 Desember 2022 -23 Desember 2022 melalui 3 jalur yaitu jalur pantai utara (pantura), jalur pantai selatan (Pansela) dan jalur Merak-Bakauheni.

Kunjungan pertama untuk jalur Pansela dimulai dari Gereja Katedral Jakarta untuk melihat kesiapan gereja dalam menghadapi ibadah Natal tahun ini.

Pastor Kepala Gereja Albertus Hani Rudi Hartoko SJ didampingi Dinkes DKI Jakarta, Sudin Jakarta Pusat dan Puskesmas Sawah Besar menyambut rombongan tim pemantauan, dan menyatakan bahwa gereja dalam menyambut lonjakan umat yang akan beribadah natal sudah menyiapkan protokol Kesehatan secara ketat, selain harus menggunakan masker selama ibadah, sarana hand sanitizer disiapkan di setiap sudut gereja, serta termal scanner dipintu masuk.

Baca juga : Kemenparekraf Bakal Diperkuat

“Menjelang nataru, hari ini kita melakukan kunjungan ke Gereja Katedral Jakarta. Tadi pihak gereja juga sudah menyampaikan kesiapan mereka jelang ibadah Natal. Secara keseluruhan, mereka sudah siap khususnya dalam penerapan protokol kesehatan,” ujar Yanti.

Ia menjelaskan, target yang diharapkan dari pemantauan persiapan nataru tahun ini adalah kesiapan pemerintah dan pemerintah daerah dengan adanya liburan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Sehingga kegiatan masyarakat baik di tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya dapat berjalan dengan baik dan liburan nataru ini tidak terjadi momen penularan Covid-19, yang pada akhirnya strategi pemerintah menuju endemis Covid-19 dapat terwujud," pungkas Yanti. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.