Dark/Light Mode

Imbauan Satgas Covid-19

Peran Masyarakat Sangat Penting Agar Kasus Tak Naik

Jumat, 23 Desember 2022 07:45 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto: BNPB)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto: BNPB)

 Sebelumnya 
“Ini tanggung jawab bersama, bukan hanya Pemerintah dan polisi, tapi semua. Mari kita bergotong royong memastikan masyarakat bisa menikmati liburan dengan baik,” imbaunya.

Wiku juga menyampaikan, saat ini secara keseluruhan diberlakukan PPKM level 1.

“Mari kita jaga. Ini libur Nataru yang ketiga setelah pan­demi. Jadi, pastikan Nataru yang pertama kita belajar banyak dari kasus yang naik,” tukasnya.

Baca juga : Tarik Minat Masyarakat, Relawan Ganjar Milenial Center Gelar Pentas Seni Silat Kera Sakti 

Selain menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, dia kembali meminta warga yang belum vaksin agar segera melakukannya. Terutama mereka yang sama sekali belum mendapatkan vaksinasi.

“Jadi untuk anggota masyara­kat yang belum booster segera melakukan booster. Pastikan dalam perjalanan mereka selalu dalam kondisi sehat. Jaga kesehatan itu juga penting, selain vaksinasi booster,” beber Wiku.

Ditegaskan, aturan menge­nai perjalanan liburan tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 24 dan Nomor 25. Bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri pada prinsipnya mengharuskan orang untuk su­dah booster.

Baca juga : Masyarakat Kudu Tetap Semangat Menjaga NKRI

“Dan sistem itu sudah terintegrasi dengan sistem PeduliLindungi yang ada di tempat-tempat publik termasuk juga terminal, bandara, pelabuhan, stasiun,” ucapnya.

Dia menyampaikan, masyara­kat yang sudah memenuhi syarat itu harusnya tidak ada lagi ham­batan sama sekali melakukan perjalanan.

“Harus diingat, masyarakat dalam melakukan perjalanan bukan sekadar sesuai dengan persyaratan vaksinasi, tapi pastikan dalam kondisi sehat,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.