Dark/Light Mode

Wamenhan Sampaikan Pesan Presiden Di Hari Bela Negara

Masyarakat Kudu Tetap Semangat Menjaga NKRI

Selasa, 20 Desember 2022 07:55 WIB
Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra menghadiri Peringatan Hari Bela Negara Ke-74, di Jakarta, Senin (19/12/2022). (Foto: Kemhan)
Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra menghadiri Peringatan Hari Bela Negara Ke-74, di Jakarta, Senin (19/12/2022). (Foto: Kemhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah gencar menyiapkan sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing. Seluruh lapisan masyarakat harus meningkatkan kesadaran mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu dikatakan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra, saat membacakan pidato Presiden Jokowi, di Peringatan Hari Bela Negara ke-74, di Jakarta, kemarin.

Presiden mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan semangat dalam membangun bangsa dan mem­pertahankan kedaulatan NKRI.

Baca juga : Presiden Prancis Emmanuel Macron: Saya Sama Sedihnya Dengan Mbappe

“Jadikan hari ini sebagai mo­mentum bagi kita untuk semakin meningkatkan kesadaran, se­mangat, serta kewajiban mem­bela negara, membangun bangsa dan mempertahankan kedaulatan NKRI yang kita cintai,” ujar Herindra.

Selanjutnya, seluruh kom­ponen bangsa juga diminta bersama-sama menunaikan tu­gas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi masing-masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara.

Upacara peringatan Hari Bela Negara ke-74 tahun 2022 ini diikuti oleh pegawai Kementerian Pertahanan (Kemhan), TNI dan ASN, Resimen Mahasiswa (Menwa) DKI Jakarta, Forum Kader Bela Negara, Pramuka, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI), organisasi masyarakat dan mahasiswa.

Baca juga : Hadiri Ngunduh Mantu Putera Presiden Jokowi, Amran Sulaiman: Selamat Untuk Mas Kaesang & Mbak Erina

Herindra mengatakan, amanat Presiden ditegaskan, nilai dasar bela negara adalah cinta Tanah Air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Selain itu, memiliki kemam­puan awal bela negara, harus diimplementasikan dalam pro­gram Pembinaan Kesadaran Bela Negara, baik di lingkungan pendidikan, lingkungan peker­jaan maupun di masyarakat.

Presiden dalam amanatnya juga menyerukan kepada seluruh warga negara agar memiliki se­mangat, kesadaran dan kemam­puan Bela Negara.

Baca juga : Wujudkan Pariwisata Berkelanjutan, YYADU! Ajak Masyarakat Kelola Sampah Laut

Juga, memiliki daya tangkal dan ketangguhan menghadapi situasi yang semakin berkem­bang pesat dan kompleks di segala bidang.

“Karena itu, kita harus terus membangun sumber daya ma­nusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara,” tegasnya.

Tahun 2022, peringatan Hari Bela Negara mengusung tema Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku!.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.