Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Top, Kemendagri Nobatkan Pemkot Bekasi Sebagai Kota Inovatif 2022

Sabtu, 24 Desember 2022 03:12 WIB
Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022, Kamis, (23/12). . .
Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022, Kamis, (23/12). . .

RM.id  Rakyat Merdeka - Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022. 

Tri Adhianto yang akrab disapa Mas Tri ini berhasil membawa Kota Bekasi menjadi Kota sangat Inovatif dalam pelayanan publik.

Penghargaan IGA 2022 diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, pada Kamis, (23/12). 

Dalam kesempatan tersebut, Tri menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang telah diraih pada akhir tahun 2022. 

Baca juga : Demi Iklim Kompetitif, Mendagri Minta Pemda Laporkan Inovasi Daerah

Ia menyebut bahwa prestasi yang diraih adalah kebanggaan bersama dalam mengimplementasikan pelayanan yang terbaik kepada warga bekasi.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras memikirkan dan menghasilkan ide-ide inovatif dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Bekasi. Ke depannya, diharapkan mampu menciptakan dan mengimplementasikan inovasi lainnya guna mengoptimalisasi pelayanan publik," harap Tri.

Terkait jenis inovasi yang diusung oleh Pemerintah Kota Bekasi, Tri menjelaskan, ada 99 inovasi yang telah digagas. Di antaranya, Pelayanan Adminduk secara Online, Jemput Bola Pelayanan Kependudukan bagi Lansia dan Disabilitas, Layanan Kesehatan Berbasis Online, Pemberdayaan UMKM yang melibatkan kaum difabel.

Atas anugerah ini, eks birokrat Kementerian PUPR ini pun berpesan untuk terus berinovasi dan kembangkan semua produk produk layanan guna menumbuhkan rasa kepuasan lebih tinggi di tengah-tengah warga.

Baca juga : Kemendikbudristek Serius Gali Talenta Indonesia

"Kita terus lakukan evaluasi atas implemetasi produk-produk inovasi yang telah berjalan. Dari evaluasi tersebut, kekurangan harus diminimalisir dan diperbaiki, bahkan harus kembangkan potensi-potensi yang ada agar masyarakat semakin puas dan merasa termudahkan ketika kita bekerja memberikan pelayanan kepada mereka," jelasnya.

Sementara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan, kegiatan anugerah ini bukan hanya sekedar ritual tahunan, melainkan harus dijadikan ajang kompetisi bagi kepala daerah Kota dan Kabupaten demi memajukan pembangunan-pembangunan di wilayah.

"Harapannya kegiatan ini dapat mendorong daerah-daerah untuk terus berkreasi dan berinovasi untuk kepentingan masyarakat luas," tegas Tito.

Diketahui, Innovative Government Award 2022 bertujuan untuk memberikan apresiasi yang ditujukan kepada berbagai Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia yang telah berhasil menerapkan inovasi dalam bentuk Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah, Inovasi Pelayanan Publik, dan inovasi lainnya yang sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, baik inovasi digital maupun inovasi non-digital.

Baca juga : Pendapatan KJN Naik 23 Persen Sepanjang Kuartal III-2022

Dari segala aspek penilaian terhadap produk-produk inovasi yang diajukan kepada tim penilai IGA 2022, Pemerintah Kota Bekasi berhasil meraih penghargaan sebagai Kota Terinovatif ke 4 Se-Indonesia.■


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.