Dark/Light Mode

Kemendikbudristek Serius Gali Talenta Indonesia

Kamis, 22 Desember 2022 15:57 WIB
Sekjen Kemendikudristek Suharti. (Foto: Ist)
Sekjen Kemendikudristek Suharti. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Sekjen Kemendikbudristek) Suharti mengungkapkan, Indonesia kaya akan talenta muda berprestasi.

Sepanjang tahun 2022 Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah menemukenali sekitar 197 ribu talenta berprestasi di tingkat daerah maupun provinsi, 20 ribu peserta di tingkat nasional, 3.500 peraih kejuaraan di tingkat nasional, dan 207 peraih medali di tingkat internasional.

“Mereka (para pemenang) akan terus kita konsolidasikan, prestasi dan karya-karyanya kita kurasi, kita petakan dan kita rekam secara lebih baik. Hal ini untuk mendukung pelaksanaan amanat Manajemen Talenta Nasional dan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sebagaimana telah menjadi arahan Bapak Presiden," ujar Suharti.

Baca juga : Kolaborasi Seluruh Pemangku Kepentingan, Kunci Sukses Pengembangan Talenta Indonesia

Hal ini disampaikannya pada acara Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra 2022, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (22/12).

Melalui sistem/platform Kurasi yang terus dikembangkan, Suharti mengatakan bahwa Kemendikbudristek akan terus mendorong peran kementerian/lembaga, organisasi dan masyarakat untuk bergotong royong menyelenggarakan berbagai ajang/festival. Sl

Sehingga akan diperoleh lebih banyak lagi talenta yang beragam di Indonesia. Kemendikbudristek juga akan memperkuat basis data prestasi dan platform kurasi untuk mendukung pelaksanaan penerimaan peserta didik baru di semua jenjang pendidikan.

Baca juga : PERTASPI Majukan Industri dan Pelaku Semipermanen Make Up di Indonesia

Dengan demikian, jaminan karier belajar dan pemberian insentif/penghargaan dari peserta didik berprestasi dapat terlaksana lebih baik.

"Kami terus perkuat dan perluas kemitraan dengan berbagai kementerian dan lembaga, dunia usaha dan industri, baik milik swasta maupun pemerintah, filantropi, dan organisasi masyarakat untuk bergotong royong mengasuh dan merawat potensi talenta unggul yang kita miliki," tuturnya.

Kemendikbudristek bersama LPDP berkomitmen untuk memperkuat dan memperluas pemberian penghargaan berupa beasiswa gelar dan nongelar bagi peserta didik berprestasi melalui Program Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

Baca juga : 8 Investor Jajaki Peluang Investasi Di Indonesia

Pada tahun ini, 171 orang sedang menempuh studi di berbagai perguruan tinggi utama dunia.

"Pemberian insentif dan penghargaan juga kita berikan kepada satuan pendidikan berprestasi melalui BOS Kinerja Prestasi yang terus diperbanyak dan diperluas sasarannya tahun depan," ungkap Suharti.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.