Dark/Light Mode

Kunjungi Medan, Airlangga Cek Harga Pangan Dan Salurkan KUR Ke UMKM

Sabtu, 24 Desember 2022 17:58 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau Pusat Pasar Kota Medan. (Foto: Ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau Pusat Pasar Kota Medan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Natal dan Tahun Baru 2023, Pemerintah pastikan keterjangkauan harga serta ketersediaan pasokan bahan pangan pokok bagi seluruh masyarakat dapat terjaga dengan baik.

Hal tersebut dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengunjungi Pusat Pasar Kota Medan, Sabtu (24/12). 

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Golkar ini menyempatkan diri untuk berdialog langsung dengan para pedagang dan pembeli di Pusat Pasar Kota Medan sembari memantau harga dan ketersediaan stok berbagai macam bahan pangan pokok.

Baca juga : Kata Pengamat Ini, Airlangga-Ganjar Pasangan Ideal

“Acara pagi ini merupakan tinjauan pasar terutama melihat kesiapan Natal dan Tahun Baru. Dari persiapan yang ada, harga semuanya stabil, beras dan minyak goreng juga tersedia,” kata Airlangga.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara simbolis kepada pedagang dengan total nilai Rp 900 juta. Plafon KUR di kisaran Rp 50 juta-Rp 500 juta dari beberapa penyalur KUR seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, BSI, dan Bank Sumut. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong UMKM dalam mendapatkan pembiayaan yang mudah dan terjangkau.

Hingga 19 Desember 2022, realisasi penyaluran KUR nasional sudah mencapai 94,37 persen atau Rp 352,18 triliun dari target 2022 dan telah diberikan kepada 7,34 juta debitur. Penyaluran KUR sektor produksi mencapai 56,5 persen dan sektor non produksi (perdagangan) mencapai 43,5 persen.

Baca juga : Bertemu Airlangga, FESI Harapkan Perundingan IEU-CEPA Segera Rampung

“KUR tersedia Bapak-Ibu semua, dan di sini hadir dari beberapa bank penyalur KUR. Kredit yang super mikro sampai Rp 10 juta bunganya hanya 3 persen per tahun, KUR yang Rp 10 juta – Rp100 juta tidak pakai agunan dan bunganya 6 persen per tahun, sementara yang Rp 100 juta – Rp 500 juta diminta agunan tambahan dan bunganya juga 6 persen,” tutur Airlangga.

Airlangga juga menyerahkan Paket Sembako kepada petugas keamanan, petugas kebersihan, penjaga toilet, dan juru parkir di pasar tersebut. Selain itu, juga diadakan Pasar Murah atas kerja sama antara PUD Pasar Medan, Bulog, dan PT Pilar Grup Indonesia. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok menjelang Nataru.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain yakni Menteri Perindustrian, Anggota DPR RI, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Wali Kota Medan, Kapolda Sumatera Utara, dan Pangdam I/Bukit Barisan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.