Dark/Light Mode

Kata Pengamat Ini, Airlangga-Ganjar Pasangan Ideal

Kamis, 22 Desember 2022 19:52 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) Sholeh Basyari menilai sosok Menko Perekonomian Airlangga Hartarto patut diapresiasi. Karena telah menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Menko perekonomian.

Karenanya, wajar jika survei Timur Barat Research Center (TBRC) menempatkan posisi Airlangga sebagai calon presiden pilihan rakyat.

"Ya, soal hasil survei TBRC yang menyikapi tentang persepsi masyarakat terhadap kinerja Pemerintah dan kondisi politik nasional pasca Covid-19. Bagi saya adalah Airlangga Hartarto karena telah menunjukkan kinerjanya sebagai Menko perekonomian," kata Sholeh kepada wartawan, Kamis (22/12).

Sholeh menyebut hal itu wajar jika survei TBRC mengunggulkan Airlangga sebagai capres 2024. Pasalnya, Ketua Umum Golkar itu telah membuktikan kerja kerasnya untuk masyarakat Indonesia dalam membangkitkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga : Kata Pengamat Ini, Ganjar-Moeldoko Pasangan Kuat Pilihan Rakyat

"Survei TBRC itu memang bukti Airlangga Hartarto telah bekerja keras untuk masyarakat dan membangkitkan ekonomi bangsa ditengah pandemi Covid-19," ucapnya.

Menurutnya, Golkar dari dulu telah memiliki pengalaman dalam membangun infrastruktur dan menjalankan perekonomian. Sehingga dengan begitu partai Pohon Beringin tersebut telah mempunyai basis yang kuat baik di pedesaan, kabupaten dan kota.

"Golkar telah teruji dalam membangun infrastruktur dan menjalankan perekonomian sejak era order baru, dari desa hingga perkotaan," beber dia.

Dia menjelaskan meskipun muncul tokoh Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, tapi tidak mempengaruhi elektabilitas Airlangga sebagai capres 2024. Karena kinerjanya telah membuktikan kepada masyarakat. Maka peluang Airlangga Hartarto menang capres sangat kuat.

Baca juga : Mampu Tingkatkan Ekonomi, Airlangga Berpeluang Jadi Suksesor Jokowi

"Elektabilitas Airlangga Hartarto sangat tinggi dibandingkan capres lainnya seperti Prabowo, Anies dan Ganjar, hal ini terbukti bukan hanya hasil dari survei TBRC, tetapi penilaian dari masyarakat," imbuhnya.

Tak hanya itu, munculnya survei lain yang hanya munculkan tiga capres hanya untuk kepentingan capres tertentu, guna mempengaruhi suara masyarakat di Pilpres 2024.

"Survei yang munculkan tiga capres saja itu karena adanya kepentingan dari capres tertentu untuk mempengaruhi suara masyarakat di Pilpres 2024," ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa peluang Airlangga Hartarto menang sangat besar. Hal ini momen Golkar untuk menjadikan Airlangga sebagai presiden ke-8 untuk menjadi penerus Jokowi.

Baca juga : Kyai Muda Lamongan Deklarasi Dukung Ganjar Presiden 2024

"Peluang Airlangga untuk menang sebagai presiden ke-8 untuk menjadi penerus Jokowi," sebut dia.

Menurut Saleh, sudah saatnya masyarakat mencari capres yang mampu membawa perubahan ekonomi. Maka sudah tepat Golkar pilih Airlangga sebagai Capres 2024.

"Ini saatnya masyarakat mencari capres yang membawa perubahan ekonomi jauh lebih baik lagi, maka Airlangga sosok yang tepat Golkar pilih sebagai capres," paparnya.

Kata dia, Airlangga saat ini hanya butuh mencari calon wakilnya yang tepat saja seperti Airlangga-Anies Baswedan, Airlangga-Ganjar Pranowo atau Airlangga-Andika Prakasa," tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.