Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Nataru, Airlangga Blusukan Ke Pasar

Pasokan Dan Harga Pangan Di Kalbar Aman Terkendali

Sabtu, 26 November 2022 06:35 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pemantauan tingkat harga dan ketersediaan pasokan sejumlah komoditas pangan pokok di Pasar Flamboyan, Kota Pontianak, Jumat (25/11).
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pemantauan tingkat harga dan ketersediaan pasokan sejumlah komoditas pangan pokok di Pasar Flamboyan, Kota Pontianak, Jumat (25/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto turun ke pasar memantau langsung pasokan dan harga pangan di Kalimantan Barat (Kalbar). Hasilnya, sejauh ini aman terkendali.

Pemerintah terus beru­paya menjaga keterjangkauan harga dan ketersediaan pasokan pangan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Salah satu upaya itu dilakukan Pemerintah dengan memantau langsung perkembangan harga dan paso­kan komoditas pangan pokok. Kemarin, Menko Airlangga menyambangi Pasar Flamboyan, Kota Pontianak, Kalbar, me­mantau langsung perkembangan terkini.

Kegiatan ini dilakukannya di sela-sela kunjungan kerja terkait Pertemuan Tingkat Menteri da­lam forum The 25th Ministerial Meeting Brunei Darussalam- Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) dan Rapat Koor­dinasi Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID).

Baca juga : Gandeng MNC Bank, TASPEN Hadirkan Layanan Pembayaran Digital Pertama Bagi ASN dan Pensiunan

“Saya didampingi oleh Pak Wagub dan Pak Wali Kota serta dari Bank Mandiri, Bank Kalbar, BSI (Bank Syariah Indonesia), BNI (Bank Negara Indonesia) dan BRI (Bank Rakyat Indonesia). Tujuan kunjungan ke pasar ini karena kita akan mengadakan ra­pat dengan Tim Pengendali Inflasi Pusat dan Tim Pengendali Inflasi Daerah. Terutama untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua,” ungkap Airlangga.

Dalam kunjungan ini, Ketua Umum Partai Golkar itu berdia­log dengan sejumlah pedagang. Dari dialog tersebut terungkap, harga dan pasokan sejumlah ko­moditas mulai dari bawang mer­ah, bawang putih, beras, minyak goreng, dan ayam hingga telur, masih cukup stabil.

Pasar Flamboyan merupakan salah satu pasar induk di Kota Pontianak yang telah berdiri sejak tahun 1989.

Baca juga : Harga Bahan Pangan Di Pasar Tradisional Masih Stabil

Pasar yang dibangun pada la­han seluas 17.133 meter persegi tersebut, memiliki kapasitas pedagang sebanyak 53 ruko, 203 kios dan 1.563 los.

“Kita melihat inflasi Kalbar relatif baik meskipun sedikit di atas nasional. Inflasi Kalbar kira-kira 6 persen, jadi kita berharap bisa terus diturunkan dengan ketersediaan pasokan yang aman dan harga yang terjangkau,” ujar Airlangga.

Dalam kesempatan ini, Air­langga juga menyaksikan pe­nyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara simbolis sebesar Rp 1,18 triliun kepada lima pedagang di Pasar Flamboyan.

Baca juga : Berhasil Realisasi TKDN di Atas Target, Airlangga Dukung PLN Serap Produk Dalam Negeri

KUR yang disalurkan tersebut merupakan skema KUR Mikro dan KUR Kecil dengan besaran penyaluran mulai dari Rp 40 juta hingga Rp 400 juta untuk masing-masing debitur.

Penyerahan KUR tersebut di­lakukan oleh penyalur dari BRI Mandiri, BNI, BSI dan Bank Kalimantan Barat. Program KUR tersebut merupakan salah satu program Pemerintah untuk mendukung pengendalian inflasi melalui akses pembiayaan untuk penguatan kelembagaan petani yang juga termuat dalam Peta Jalan Pengendalian Inflasi 2022- 2024. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.