Dark/Light Mode

Perkuat SDM, BNPT Gandeng Universitas Moestopo Beragama

Jumat, 20 Januari 2023 12:07 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menjalin kerja sama dengan Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama), dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki wawasan kebangsaan yang kuat.

Prosesi penandatanganan perjanjian kerjasama antara BNPT dengan Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama) bertepatan dengan Dies Natalis ke 62 Universitas Moestopo Beragama.

Perwakilan BNPT dipimpin Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, di Jakarta Convention Center. Boy berharap, lewat kerja sama pencegahan radikalisme dan terorisme, Universitas Moestopo Beragama dapat berkiprah dalam pembangunan SDM di Indonesia.

Baca juga : Gelar Pameran Pendidikan, SI-UK Bawa 23 Universitas Bergengsi

"Moestopo Beragama akan terus berkiprah dalam pembangunan SDM di Indonesia. Doa kita adalah menjadikan bangsa kita bangsa yang hebat dan besar dengan kontribusi para alumninya (Alumni Moestopo)," kata Boy Rafli, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (20/1).

Dalam orasi singkatnya, Boy Rafli juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang dibangun antara BNPT dengan Universitas Moestopo.

Ke depan diharapkan ke dua pihak dapat melindungi generasi muda dari paparan ideologi yang tidak sesuai dengan nilai nilai luhur bangsa Indonesia.

Baca juga : LPEI & MEXIM Teken Kerja Sama Bidang Investasi Dan Keuangan

"BNPT didirikan oleh negara untuk melindungi negara kita yang telah memiliki sistem nilai tersendiri agar tidak terpengaruh paham intoleransi radikal terorisme," terangnya.

Dalam melindungi generasi muda agar tidak terpengaruh paham intoleransi radikal terorisme, BNPT telah mengenalkan lima vaksin kebangsaan.

Kelimanya yaitu transformasi wawasan kebangsaan, revitalisasi nilai-nilai Pancasila, transformasi moderasi dalam beragama, transformasi akar kekuatan budaya nusantara dan transformasi pembangunan kesejahteraan.

Baca juga : Perkuat Kapabilitas Pemimpin, Kalbe Kerja Sama Dengan Monash University Indonesia

"Daya tahan bangsa kita harus dikuatkan. Di dalam mencegah virus intoleransi, radikalisme dan terorisme. Kita ajak masyarakat mengenal dan mengamalkan lima vaksin kebangsaan," ingatnya.

Selain Boy Rafli Amar, turut hadir dalam penandatanganan kerja sama tersebut Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono.

Sementara dari Universitas Moestopo Beragama diwakili Rektor Prof. Paiman Raharjo. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.