Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kebal Resesi, Ganjar Bawa Jateng Kokohkan Ketahanan Pangan Dengan Lumbung Dan BUMP

Jumat, 20 Januari 2023 18:44 WIB
Foto: Humas Pemprov Jateng.
Foto: Humas Pemprov Jateng.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketahanan pangan menjadi prioritas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo demi terwujudnya kedaulatan pangan masyarakat, melalui ketersediaan, keterjangkauan dan konsumsi pangan bergizi.

Berbagai strategi dilakukan agar ketahanan pangan di Jateng tetap terjaga, salah satunya pelibatan petani dalam inovasi tanaman pangan.

Mengacu peringkat Indeks Ketahanan Pangan (IKP) yang dikeluarkan Kementerian Pertanian tahun 2021, Jateng menjadi provinsi terbaik kedua nasional di bawah Bali dengan nilai IKP 83,72 atau berkategori Sangat Tahan.

Jateng juga menerima penghargaan dari Bank Indonesia sebagai provinsi terbaik pendukung ketahanan pangan nasional kategori Pengendali Inflasi Sub Sektor Klaster Tanaman Pangan.

Baca juga : Bertemu Wamentan, Bamsoet Dorong Ketahanan Pangan Melalui Food Estate

Pencapaian tersebut tak lepas dari upaya Ganjar yang intensif menggerakkan petani untuk melakukan inovasi dalam wirausaha pertanian.

Gubernur juga menularkan succes story dengan sengaja mengundang tiga petani milenial dalam Soropadan Agro Festival di Kabupaten Temanggung, untuk berbagi ilmu.

Ketiga petani itu adalah Hendi Nur Seto asal Kabupaten Temanggung, Eko Tugiyono (Kabupaten Semarang) dan Untungno Widi Nugroho (Kabupaten Wonosobo).

Mereka petani inspiratif yang sukses menjaga kedaulatan pangan dan meraih pendapatan jutaan rupiah per bulannya dari bertani.

Baca juga : Kejagung: Restorative Justice Bukan Program, Tapi Kewenangan Yang Diberikan UU

Untungno Widi Nugroho misalnya, berhasil membudidayakan ubi madu (cilembu) hingga sukses memenuhi pasar ekspor. Dia juga membudidayakan jeruk lemon, hingga perikanan air tawar. Namun yang jadi andalannya adalah ubi madu yang ditanam di atas lahan seluas 12 hektare.

“Saya mampu memproduksi ubi madu sekitar 1.200 ton. Bahkan, hasil ubi ini bisa kami ekspor ke beberapa negara, termasuk Singapura. Yang masuk proses grade ekspor kisaran 30-40 persen dari produksi. Luasan 1 hektare rata-rata menghasilkan antara 13-15 ton, dengan umur 3,5 sampai 4 bulan,” jelas Untung,seperti dilansir dari laman resmi Pemprov Jateng, Jumat (20/1).

Ganjar memiliki berbagai strategi mentereng dalam mengelola pangan daerah sehingga ketahanan pangan di Provinsi Jateng aman terkendali.

Pertama, menggandeng kepala desa dan perangkatnya menjaga ketahanan pangan. Para kades punya pengalaman memberdayakan pekarangan, menghadirkan makanan alternatif, dan diversifikasi pangan.

Baca juga : Ganjar Milenial Sumut Gercep Bantu Korban Kebakaran Di Labuhan Batu Utara

Kedua, Mengajak petani menanam bahan pangan pendamping beras untuk mewujudkan ketahanan pangan, seperti umbian, jagung, porang, dan makanan alternatif lainnya sebagai pendamping nasi.

Ketiga, mengajak masyarakat membeli beras Srinuk Klaten untuk mendorong ketahanan pangan. Kabupaten Klaten misalnya, telah mengeluarkan kebijakan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diwajibkan membeli 10 kg beras Srinuk tiap sebulan.

Keempat, bersama Habib Syech Qodir Assegaf mengajak pramuka ikut jaga ketahanan pangan melalui aktivitas di lingkungan sekitar.

Kelima, strategi yang tidak kalah gemilang adalah Ganjar membuat ide cemerlang membuat Badan Usaha Milik Petani (BUMP) yang sangat menguntungkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.