Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar Bikin Jateng Jadi Provinsi Dengan Pengawasan Pangan Segar Terbaik Di Indonesia

Kamis, 29 Desember 2022 20:08 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo kembali mengukir prestasi dalam memimpin Jateng. Kali ini, Badan Pangan Nasional (Bapanas) menobatkan Jateng menjadi provinsi dengan pengawasan pangan segar terbaik di Indonesia lewat Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Jateng.

OKKPD merupakan otoritas yang berwenang melakukan pengawasan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) sebelum beredar dan saat berada di pasaran. Pengawasan tersebut guna menjaga keamanan pangan bagi masyarakat.

Ganjar mengatakan, pihaknya selama ini terus mendorong seluruh jajara  OKKPD untuk maksimal bekerja. Ganjar juga telah menyiapkan SDM berkompeten di bidang pengawasan pangan segar.

Baca juga : Pemkab Tangerang Sabet Juara Umum Pengelolaan Keuangan Dan Aset Terbaik Se-Banten

"Hampir semua sektor dan sub sektor kita minta untuk selalu bekerja soal itu dan mereka secara teknis punya pengalaman untuk melakukan itu," kata Ganjar di Balai Desa Kadingrejo, Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jateng, Kamis (29/12).

OKKPD sendiri memiliki peran penting dalam menerbitkan sertifikat  mengawasi beredarnya pangan segar asal tumbuhan. Pengawasan yang dilakukan OKKPD antara lain pengecekan label dan penanganan PSAT yang baik, pengambilan dan pengujian sampel, serta penanganan kasus keamanan pangan.

Pemprov Jateng juga melakukan pembinaan kepada OKKPD kabupaten/kota. Selama kurun satu tahun sejak 2021, total sudah ada 1.341 izin edar pangan skala kecil (PSAT-PDUK) dan 214 izin usaha skala menengah yang diterbitkan oleh pemkab/ pemkot. 

Baca juga : Prodi HI Unas Kupas Perjalanan Politik Luar Negeri Indonesia 2022

Ganjar pun mengapresiasi OKKPD Jateng yang berhasil menjadi terbaik nasional. Ganjar mengatakan, pihaknya akan mereplikasi prestasi tersebut kepada sektor dan subsektor lain yang ada di Jateng.

"Maka sebenarnya satu contoh berhasil, tinggal direplikasi. Konsistensi ini penting, inovasinya ini penting. Jadi kita harapkan nanti tidak hanya soal cerita penghargaannya, tapi substansinya. Termasuk tanaman segar dan sebagainya," pungkas Ganjar.

Sementara itu, Ganjar sendiri terus mendorong kualitas kesehatan pangan segar dengan mengajak masyarakat mengonsumsi makanan olahan lokal. Menurut Ganjar, pangan lokal sangat menyehatkan.

Baca juga : SWA Beri Apresiasi Digital Marketing & Customer Service Terbaik Di Indonesia

"Ada pangan lokal yang lebih sehat. Jadi artinya pangan alternatif itu sangat bisa menggantikan makanan atau bahan pokok makanan yang selama ini secara mainstream digunakan," kata Ganjar dalam acara Festival Pangan Lokal Provinsi Jateng di Asrama Haji Donohundan, Boyolali, Jateng, Rabu (19/10).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.