Dark/Light Mode

Hadiri Entry Meeting LK K/L 2022, Sestama BNPT Pastikan Pemeriksaan Berjalan Lancar

Jumat, 27 Januari 2023 11:40 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT) Bangbang Surono menghadiri kegiatan Entry Meeting Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dilaksanakan di Auditorium BPK Jakarta pada Kamis (26/1).

Dalam acara tersebut Sekretaris Utama BNPT RI menunjukan optimismenya untuk mempertahankan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang sudah 9 kali diterima jika pemeriksaan Laporan Keuangan (LK) BNPT RI Tahun 2022.

"Kita sangat berharap BNPT RI bisa kembali meraih WTP, itu target kita" ujarnya.

Baca juga : Gencar Bantu UMKM, KKP Salurkan Bantuan Pembiayaan 10 Triliun

Dia memastikan, BNPT akan mendukung dan berkoordinasi dengan pihak terkait sehingga pemeriksaan tahun ini dapat berjalan dengan sesuai harapan.

"Kita harus menyiapkan semua dokumen pertanggungjawaban laporan keuangan, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait sehingga kita pastikan pemeriksaan berjalan lancar," terangnya.

Dalam acara ini, pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I BPK, Nyoman Adhi Suryadnyana. menjelaskan beberapa aspek yang menjadi fokus pemeriksaan laporan keuangan K/L tahun 2022.

Baca juga : Supir Truk Dukung Ganjar Bekasi Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

"Terdapat beberapa hal yang menjadi fokus pemeriksaan LK K/L tahun 2022, diantaranya adalah kewajaran harga dalam pengadaan, interoperabiltas, pembelian berulang serta tindak lanjut rekomendasi pemeriksaan," jelasnya.

Selama pemeriksaan, dirinya juga berharap agar 20 K/L yang berada di bawah AKN I dapat membangun komunikasi yang efektif dengan semua pihak, berkomitmen, memberikan kemudahan dalam mengakses data serta meningkatkan peran serta Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

"Saya berharap seluruh K/L di bawah AKN I dapat membangun komunikasi yang baik dan efektif dengan semua pihak terkait, berkomitmen terhadap jadwal pemeriksaan, memberikan akses data dan dokumen seluas-luasnya serta meningkatkan peran serta APIP dalam memperlancar proses pemeriksaan," tambahnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.