Dark/Light Mode

47 Tower Siap Dibangun Untuk Rumah Dinas ASN, TNI, dan Polri di IKN

Senin, 30 Januari 2023 23:37 WIB
Kawasan Pembangunan IKN DI Kalimantan Timur.
Kawasan Pembangunan IKN DI Kalimantan Timur.

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menggelar Rapat Terbatas (Ratas) dengan sejumlah menteri di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/1).

Ratas itu membahas hunian Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Negara yang akan dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, sesuai arahan presiden, pada tahap awal akan segera dibangun 47 tower rumah susun untuk rumah dinas ASN, TNI, dan Polri.

Baca juga : PBNU Kesal, Mars 1 Abad NU Digunakan Untuk Kepentingan Politik PKB

“Tadi sudah diputuskan 47 tower yang akan segera dibangun,” ujar Menteri PUPR.

Menteri dari PDI Perjuangan ini menyampaikan, pembangunan hunian dengan alokasi anggaran sebesar Rp 9,4 triliun ini akan dimulai pada tahun 2023.

“Kalau dalam jadwalnya, supaya selesai pada 2024, ya Juni-Juli 2023 harus sudah mulai bekerja,” ucapnya.

Baca juga : Hong Kong Siap Kucurkan Dana Investasi Ramah Lingkungan di Indonesia

Menteri PUPR menambahkan, pembangunan hunian dengan model apartemen sejalan dengan konsep kota hutan atau forest city yang diusung IKN.

“Sesuai dengan konsep forest city. Kalau enggak tower, makin menyebar. Supaya tidak merusak, terlalu banyak memotong hutan,” ujarnya.

Menurutnya, Presiden Jokowi telah memberikan arahan agar jajarannya melakukan survei terkait kebutuhan hunian di IKN. Dengan demikian, ASN diharapkan bisa memiliki pilihan antara rumah tapak atau apartemen.

Baca juga : Erick Thohir Sebut IMS Bisa Digunakan Untuk Festival Budaya Dan Musik

“Harus disurvei dulu siapa yang mau di apartemen, siapa yang mau landed, tadi arahannya Presiden begitu,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Basuki juga menyampaikan, bahwa jumlah ASN, TNI, dan Polri yang akan dipindahkan ke IKN hingga tahun 2024 mencapai 16,9 ribu orang.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.