Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hong Kong Siap Kucurkan Dana Investasi Ramah Lingkungan di Indonesia

Sabtu, 21 Januari 2023 06:30 WIB
Hong Kong akan Gelontorkan Pembiayaan Investasi Ramah Lingkungan ke RI. (Foto : Kementerian Investasi/BKPM)
Hong Kong akan Gelontorkan Pembiayaan Investasi Ramah Lingkungan ke RI. (Foto : Kementerian Investasi/BKPM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menemui Menteri Keuangan Hong Kong Paul Chan Mo-Po pada sore hari waktu Swiss (19/1/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Keuangan Hong Kong Paul Chan Mo-Po menyampaikan bahwa, Indonesia dan Hong Kong selalu menjadi mitra yang baik di bidang investasi juga perdagangan, dan oleh karena itu perlu semakin mempererat kerja sama antar kedua negara.

Menteri Bahlil juga menambahkan bahwa kondisi perekonomian Indonesia saat ini sedang dalam kondisi prima dan Pemerintah Indonesia tengah mendorong investasi penciptaan nilai tambah melalui hilirisasi yang berorientasi pada energi dan industri hijau ramah lingkungan.

Baca juga : Jokowi Kumpulkan Kepala Daerah dan Forkopimda Bahas Investasi di Bogor

“Kami menyambut baik investasi pembiayaan di sektor energi ramah lingkungan karena hal tersebut menjadi bagian penting dari skala prioritas Pemerintah Indonesia. Ekonomi hijau memang sedang tumbuh, namun aliran investasinya tidak merata terutama ke negara-negara berkembang. Hubungan baik antara kedua negara ini bisa dipererat melalui pembiayaan investasi ramah lingkungan,” jelas Bahlil.

Menurut Bahlil, pembiayaan ramah lingkungan masih bisa dioptimalkan di wilayah Asia Tenggara. Ditambah lagi, Indonesia memiliki sejumlah proyek investasi ramah lingkungan termasuk di dalamnya terkait dengan transisi energi dan pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik.

Potensi tersebut dapat dikembangkan dan dimaksimalkan bersama-sama.

Baca juga : Kelima Kali, Kementerian Investasi Hadirkan Paviliun Indonesia Di WEF 2023

Menteri Keuangan Hong Kong Paul Chan Mo-Po menyampaikan bahwa Indonesia dan Hong Kong selalu menjadi mitra yang baik di bidang investasi juga perdagangan, dan oleh karena itu perlu semakin mempererat kerja sama antar kedua negara.

Paul juga mengapresiasi pertumbuhan Indonesia yang sangat pesat berkat pemerintahan yang cakap.

"Kami juga ingin menawarkan kesempatan kepada Indonesia untuk memanfaatkan posisi Hong Kong sebagai pusat/hub keuangan global. Pada tahun lalu, kami menjadi negara nomor satu di Asia dengan nilai pembiayaan ramah lingkungan terbesar yang mencapai 65-67 juta dolar AS. Jika ada proyek yang memerlukan pembiayaan hijau, mohon infokan kepada kami dan pasti akan kami bantu,” ungkap Paul.

Baca juga : Dorong Peningkatan Kreativitas Dan Peduli Lingkungan, Teman Sandi Adakan Sejumlah Pelatihan Di Sumut

Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, realisasi investasi Hong Kong di Indonesia selama kurun waktu 5 tahun terakhir mencapai 19 juta dolar AS dengan tiga sektor realisasi investasi tertinggi yaitu industri logam dasar, barang logam, bukan mesin, dan peralatannya (9,67 juta dolar AS); sektor listrik, gas, dan air (3,14 juta dolar AS); serta perumahan, kawasan industri, dan perkantoran (1,92 juta dolar AS).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.