Dark/Light Mode

Ganjar Pranowo Terus Percantik Wajah Pasar Tradisional, Beri Bantuan Rp 360 M

Rabu, 8 Februari 2023 18:06 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepanjang 2013 hingga 2022, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berhasil mendorong revitalisasi 79 pasar. Satu diantaranya bahkan mendapatkan bantuan hingga dua kali. Total nilai bantuan untuk 79 pasar mencapai Rp 360.607.529.478 (Rp 360 miliar).

Pasar Panican Kabupaten Purbalingga adalah salah satu pasar yang mendapat bantuan tersebut. Kepala Pasar Panican mengatakan, dengan bantuan dan renovasi senilai Rp 6.144.810.000 (Rp 6,1 miliar) pada 2020, pihaknya telah mampu mengubah kondisi pasar yang memiliki sekitar 103 unit kios itu, menjadi jauh lebih nyaman.

"Dulu sangat menyedihkan, becek, bocor, dan kumuh. Setelah ada bantuan provinsi, sekarang pasar menjadi bagus," ungkap Sardi.

Baca juga : Pelaku Pasar Modal Lagi Dihantui Tekanan Global

Kondisi pasar yang nyaman dan aman membawa dampak positif pada peningkatan jumlah kunjungan.

"Ramai sekarang. Kalau dulu hari pasaran yakni Rabu dan Minggu. Sekarang tiap hari. Kira-kira 300 orang. Dulu pisah-pisah, belum bisa menghitung," jelas mantan petugas kebersihan pasar Panican itu.

Tanggapan senada juga disampaikan Ketua Paguyuban Pasar Panican, Hamidun Nur Muhadi. Keberadaan gedung pasar yang dilengkapi pintu gerbang dan petugas keamanan 24 jam, membuat 267 pedagang di tempat itu, kini tidak lagi khawatir meninggalkan dagangan di dalam pasar.

Baca juga : Ganjar Pranowo Luncurkan Program Beras Fortifikasi Untuk Tekan Angka Stunting

Kondisi yang sama juga dirasakan para pedagang di pasar Pasar Tambak Kabupaten Banyumas. Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas, Sarikin mengungkapkan, untuk kebutuhan renovasi Pasar Tambak pihaknya menerima bantuan Rp 8 miliar, yang terealisasi Rp 7.837.517.000 (Rp 7,8).

Dana tersebut bukan hanya untuk memperluas area pasar tetapi juga untuk melengkapi fasilitas.

"Alhamdulilah lebih luas, parkir luas, ada fasilitas musala, dan fasilitas lain," ujar Sarikin di Pasar Tambak.

Baca juga : Konser Pesta Rakyat Ganjar Pranowo #2 Di Pekalongan Dihadiri Ribuan Warga

Perubahan wajah Pasar Tambak menjadi lebih baik ini, juga disyukuri Ketua Paguyuban Rest Area Pasar Tambak Akhmad Qom Huda.

"Pedagang sangat senang sekali karena pasar sudah rapi, bersih. Diharapkan ke depan lebih baik lagi," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.