Dark/Light Mode

Kemenpora Akan Fasilitasi Pendidikan Anggota Paskibraka Nasional 2019

Minggu, 18 Agustus 2019 10:14 WIB
Salma El Mutafaqqiha, anggota Paskibraka Nasional 2019. (Foto : Kemenpora)
Salma El Mutafaqqiha, anggota Paskibraka Nasional 2019. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembawa baki Bendera Merah Putih, Salma El Mutafaqqiha mengaku sangat senang bisa menjalankan tugas sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Salma bangga bisa menjalankan tugas mulia pada Upacara Proklamasi Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta bersama Presiden Joko Widodo, Sabtu (17/8) siang.

 Dara ayu kelahiran Malang, 16 Desember 2002 ini tidak pernah menyangka akan ditunjuk sebagai pembawa Baki Bendera Merah-Putih meskipun juga dirinya merasa senang dan bangga usai dipercaya pelatih dan pembinanya.

"Alhamdulillah syukur kepada Allah SWT telah diberikan kelancaran kepada kita semua Paskibraka, saya tidak pernah menyangka akan ditunjuk menjadi pembawa Baki terima kasih kepada orang tua, guru, pelatih, pembina Paskibraka, PPI Boyolali, PPI Jawa Tengah yang sudah mendukung," katanya usai melaksanakan tugas.

Baca juga : Emil Harap BUMD Jatim Jadi Pemasok Benih Bawang Putih Nasional

Banyak persiapan seperti latihan fisik, mental dan yang tidak kalah pentingnya adalah cemistry, putri pasangan Ahmad Azuna Hazab dan Riza Azhabi ini asalnya memiliki cita-cita ingin menjadi TNI AU.

"Iya saya ingin menjadi TNI AU alasanannya karena sekolah yang sesuai di SMK Pradita Dirgantara, Boyolali dan karena luas wilayah Indonesia 3/3nya adalah udara, 1/3nya daratan dan 2/3 nya adalah laut, untuk itu 3/3 wilayah Indonesia ini harus dijaga dengan baik keselamatannya dan keutuhannya," ujar anak pertama dari 3 putri bersaudara ini.

"Untuk teman-teman dan adik-adik semua seluruh Indonesia jangan takut untuk mencoba apapun itu jika merasa lelah ingatlah tujuan awal dan jangan pernah lupakan Tuhan YME," pesannya.

Baca juga : Kemenpora-KPAI Teken MoU Perlindungan Anak Bagi Paskibraka

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto yang hadir langsung ke Wisma Merdeka, Jakarta usai mengikuti upacara turut ucapkan rasa syukur. "Alhamdulillah kita bersyukur tugas Paskibraka pagi ini telah berlangsung dengan lancar dan sukses, usai dari sini para Paskibraka akan dilanjutkan beraudiensi dengan beberapa menteri dan nantinya pada saatnya akan diajak untuk rileks bersama, saat ini belum ditentukan," ujarnya bersama Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam dan Asdep Ibnu Hasan.

Sesmenpora mengaku usai kegiatan ini pihaknya telah mempertimbangkan dan akan memfasilitasi para Paskibraka untuk jalur karier dan pendidikan selanjutnya.

"Selama ini memang belum ada kekhususan apresiasi untuk Paskibraka kalau atlet sudah ada, tapi kami sudah pertimbangkan agar mulai tahun ini mereka difasilitasi untuk masuk ke lembaga seperti TNI dan Kepolisian dan perguruan tinggi tertentu dengan standar minimal yang harus dilewati tapi ada kekhususannya," katanya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.