Dark/Light Mode

Tak Perlu Lagi Seberangi Laut

SMK Semi Boarding Gagasan Ganjar Buat Siswa Ini Tak Telat Lagi

Minggu, 19 Februari 2023 16:51 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

 Sebelumnya 
Willyzeny Carel Santoso (17), bahkan merasa terbantu karena dengan tinggal di asrama sekolah, dirinya tidak perlu takut datang terlambat ke sekolah. Terlebih bila harus dilaju setiap hari, maka akan memberatkan biaya transportasi.

“Karena rumah saya jauh, harus bolak balik setiap hari, itu membutuhkan biaya banyak,” kata warga Desa Rawaheng, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas itu. 

Dia merasa beruntung karena bisa tinggal di asrama sekolah sembari tetap melanjutkan pendidikannya. Sebab, dia berasal dari keluarga yang kurang mampu dengan pendapatannya yang kecil.

Baca juga : Bhayangkari Polda Metro Sebar Sembako Hingga Seragam Sekolah Siswa Di Jakut

Daffa Satya Adi, siswa kelas 10, jurusan teknik ketenagalistrikan ini malah mendapatkan banyak manfaat dengan tinggal di asrama.

Selain bisa mendapatkan pendidikan secara gratis, juga mendapatkan wawasan ilmu agama Islam. Seperti diajari menjadi imam salat, belajar tajwid Al-Qur’an, dan menghapal surat di Al-Qur’an.

“Menu makanan di SMK semi boarding, enak. Ada makanan yang belum pernah saya makan, seperti ikan tuna. Di rumah jarang makan, di SMK semi boarding ini sering makan tuna,” ungkapnya, senang.

Baca juga : Sahabat Ganjar Perkuat Sinergitas Simpatisan GP 2024 Di NTB Dan Jabar

Sebagai anak dari orang tua yang bekerja sebagai buruh, siswa asal Jeruklegi, Cilacap ini, merasa senang karena bisa mendapatkan pendidikan dan tempat tinggal serta fasilitas yang gratis.

Tak jauh beda juga disampaikan siswa SMK semi boarding lain, Gurit Arga Pamungkas. Siswa kelas 10 jurusan teknik ketenagalistrikan,ini menuturkan, tinggal di asrama membuatnya senang karena bisa meringankan beban orangtua.

“Senang karena gratis (SMK semi boarding). Jadi bisa membantu orang tua. Ayah buruh harian dengan pendapatan tak tentu,” kata Gurit.

Baca juga : Ustadz Sahabat Ganjar: Untuk Majelis Taklim Dan Hajatan

Kepala SMKN 2 Cilacap Akhmad Murwanto mengatakan, jumlah siswa total 1.670 siswa. Sedangkan siswa semi boarding ada sekitar 30 orang. Mereka berasal dari berbagai jurusan di sekolah.

Adapun kegiatan siswa di asrama, antara lain pembinaan kedisiplinan berupa apel pagi, upacara pengibaran bendera di asrama, pembinaan mental spiritual setiap selesai magrib dan sebelum subuh. Siswa ikut kegiatan keagamaan dibimbing pamong.

“Kami mengapresiasi program ini (SMK semi boarding),” kata Murwanto. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.