Dark/Light Mode

Pemerintah Siap Back Up

Jokowi Minta PSSI Siapkan Blueprint Sepak Bola Indonesia

Senin, 20 Februari 2023 13:10 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah), diapit Wakil Ketua Umum I Ratu Tisha Destria (kiri) dan Wakil Ketua Umum II Zainudin Amali (kanan) dalam konferensi pers usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/2). (Foto: YouTube)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah), diapit Wakil Ketua Umum I Ratu Tisha Destria (kiri) dan Wakil Ketua Umum II Zainudin Amali (kanan) dalam konferensi pers usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/2). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan, Presiden Jokowi memiliki kepedulian tinggi terhadap sepak bola nasional. Serta siap mendukung transformasi sepak bola Indonesia.

"Pemerintah siap mem-back up PSSI dalam membangun training camp yang dibutuhkan timnas. Juga infrastruktur lainnya, seperti lapangan pertandingan yang akan dipakai untuk kejuaraan-kejuaraan internasional," kata Erick usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/2).

Selain itu, pemerintah juga menyampaikan dukungan soal perizinan. Bila memungkinkan, dan harus dipastikan, seluruh izin kompetisi harus sudah keluar 3 bulan sebelum musim kompetisi.

"Ini tentu bagian luar biasa, yang selama ini menjadi kendala," ucap Erick.

Baca juga : Sah, IMI Kukuhkan Jokowi Sebagai Bapak Otomotif Indonesia

Melalui Kapolri, pemerintah juga mendukung upaya perbaikan mutu sepak bola Indonesia, terkait sistem pengaturan skor (match fixing).

Dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Minggu (19/2), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, akan menguatkan kembali Satgas Mafia Sepak Bola, yang pernah dibentuk pasa 2018-2020.

Erick juga memaparkan, Presiden Jokowi sangat mengharapkan adanya kerja sama yang baik antara PSSI dengan pemerintah.

"Kami tentu sangat mendukung. Perbaikan sepak bola tidak mungkin terjadi, kalau kita tidak bisa bahu-membahu untuk memastikan transformasi berjalan baik," ujar Erick.

Baca juga : Kyai NU Yakin Erick Thohir Mampu Hilangkan Praktik Sogok Di Sepak Bola Indonesia

Semua pihak, menurutnya, harus kompak mendorong Inpres. Agar kegiatan sepak bola pelajar bisa berjalan baik, seperti di negara lain misalnya, sangat membutuhkan dukungan kementerian lain. Urusan infrastruktur, juga perlu dukungan kementerian lain.

"Kami senang, bisa ketemu Presiden Jokowi pada hari ini. Kami mendapat komitmen penuh, bahwa sepak bola adalah program pemerintah yang penting," kata Erick.

Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, Erick mengaku mendapat satu arahan khusus. Agar sepak bola Indonesia punya blueprint. Baik untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

"Ini menjadi komitmen kami, bahwa blueprint sepak bola Indonesia harus segera ada. Insya Allah, kita buktikan, dengan kepengurusan yang baru, kita bisa memaksimalkan potensi sepak bola Indonesia," tegas Erick.

Baca juga : Dipimpin Erick, Jokowi: Reformasi Total Sepak Bola Indonesia

"Kerja sama dengan FIFA dan pemerintah adalah hal yang penting. Kesinambungan kerja sama tiga pihak ini, diharapkan mampu mengantar transformasi sepak bola Indonesia ke arah yang benar," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.