Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lewat Mekaar, Erick Thohir Topang Keluarga Pra Sejahtera Di Pematang Siantar

Senin, 27 Februari 2023 13:18 WIB
Arya Sinulingga menjelaskan program Mekaar yang diinisiasi Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto : ist)
Arya Sinulingga menjelaskan program Mekaar yang diinisiasi Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir terus mendorong peningkatan jumlah perempuan mandiri lewat program Mekaar di Kota Pematang Siantar.

Saat ini tercatat lebih dari 17.000 perempuan telah dibantu pendanaan usahanya melalui program Mekaar. Namun angka ini masih dibawah target yang ditetapkan atau masih 30% dari jumlah masyarakat prasejahtera di Kota Pematang Siantar. 

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga Pematang Siantar diselenggarakannya kegiatan Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN yang diinisiasi oleh PT. Bank Rakyat Indonesia di Lapangan Farel Pasaribu Horbo Pematang Siantar.

Baca juga : Erick Thohir, Calon Kuat Cawapres PAN, Figurnya Pas Dengan Ideologi Partai

Erick Thohir melalui Staf khususnya, Arya Sinulingga menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi sarana yang tepat untuk para UMKM mempromosikan produknya dan masyarakat juga bisa mendapatkan sembako murah.

“Pak Erick Thohir memiliki komitmen kuat untuk bantu keluarga prasejahtera di Pematang Siantar. Sudah lebih dari 17.000 keluarga Kota Pematang Siantar terbantu lewat Program Mekaar. Mulai dari permodalannya sampai ke pendampingan UMKM. Itu artinya 1 dari 2 rumah tangga di Kota Pematang Siantar sudah merasakan manfaat kehadiran BUMN” jelas Arya dalam pernyataan tertulisnya, Sebin (27/2)..

Wulan salah satu penerima manfaat dari Program Mekaar menyatakan dirinya bisa mendapatkan keuntungan bersih usahanya hingga 1 Juta Rupiah dalam satu hari.

Baca juga : Survei SPIN: Erick Thohir Jadi Sosok Cawapres Terkuat Di Kalangan NU

“Alhamdullilah karena program Mekaar saat ini saya sudah bisa dapat pinjaman sampai 8 juta Rupiah, bisa membiayai sekolah anak saya sampai lulus kuliah” jelas Wulan.

Selanjutnya Arya menambahkan bahwa pelaku UMKM harus memodifikasi produknya. “Bapak Ibu harus lebih kreatif dalam mengembangkan produk - produk yang mau dijual, contohnya kain ulos ini jangan cuma jadi kain aja, bisa di modifikasi menjadi jaket, dompet, tas, dan lain sebagainya dengan model yang kekinian supaya laku dan bisa dipakai sehari-hari” tutur Arya.

Dalam kesempatan itu juga turut hadir Ketua Dekranasda Pematang Siantar, Kusuma Erizal Ginting yang mengatakan bahwa program BUMN sangat berperan menekan angka kemiskinan di Kota Pematang Siantar.

Baca juga : Bank Mandiri Bangun Sentra Pengolahan Beras Terpadu Di Jembrana Bali

“Kami berterimakasih untuk kegiatan ini kami harap program ini terus meningkatkan perekonomian masyarakat tidak hanya di Pematang Siantar tapi bisa sampai ke seluruh Indonesia” jelas Rizal.

Adapun kegiatan Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN di Pematang Siantar ini dihadiri oleh 4000 warga Pematang Siantar. Kegiatan ini menyediakan paket sembako murah sebanyak 4.000 paket seharga Rp55.000 yang berisikan beras premium, gula pasir, dan minyak goreng.

Selain itu, kehadiran BUMN juga turut dirasakan oleh 50 UMKM asal Kota Pematang Siantar yang mendapatkan kesempatan untuk memamerkan produk unggulan usaha mereka. Mulai dari kue tradisional, keripik makanan ringan, kopi hingga kain ulos khas Pematang Siantar dijual oleh para pelaku UMKM

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.