Dark/Light Mode

Mensos: Pendekatan Kesejahteraan Sosial, Pintu Solusi Masalah Papua

Rabu, 21 Agustus 2019 15:49 WIB
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: IG @agusgumiwangk)
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: IG @agusgumiwangk)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pendekatan kesejahteraan sosial sangat penting diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di Papua.

"Menurut pandangan saya, pendekatan kesejahteraan sosial sangat penting dibandingkan pendekatan-pendekatan lain," kata Mensos Agus Gumiwang di Jakarta, Rabu (21/8).

Baca juga : Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, DPD Finalisasi RUU Daya Saing Daerah

Kementerian Sosial (Kemensos), lanjutnya, menganggap masyarakat Papua sebagai saudara sebangsa yang harus dilayani dengan baik. Masyarakat Papua, sebagaimana masyarakat lainnya di Indonesia, adalah subyek pembangunan. Bukan obyek. Itu sebabnya, masyarakat Papua bisa menentukan jenis-jenis kesejahteraan sosial mereka sendiri.

Terkait kericuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat, Kemensos sudah menurunkan tim dari Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial untuk melakukan asesmen terkait bantuan yang diperlukan.

Baca juga : Irjen: Pencopotan Pejabat Kementan Terkait Kasus Bawang Putih untuk Mitigasi Risiko

"Pemerintah memastikan akan hadir untuk memberikan rehabilitasi sosial, bagi warga yang menjadi korban di Papua dan Papua Barat," ujar Agus.

Sebelumnya terjadi kericuhan di Manokwari, Papua Barat. Masyarakat turun ke jalan bersama mahasiswa, membakar ban-ban di berbagai sudut kota maupun jalan-jalan protokol.

Baca juga : Pembangunan Kesejahteraan Sosial Menggunakan Pendekatan Inklusif

Mobilisasi massa juga terjadi di Jayapura dan Timika di Papua yang dipicu bentrok massa pada Kamis (15/8), antara sekelompok warga Kota Malang dengan mahasiswa asal Papua di Jawa Timur. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.