Dark/Light Mode

IPDN Gelar Seminar Nasional

Sukseskan Pemilu Jurdil, Berkualitas & Bermartabat

Senin, 13 Maret 2023 07:59 WIB
Rektor IPDN Hadi Prabowo. (Foto: Dok. IPDN)
Rektor IPDN Hadi Prabowo. (Foto: Dok. IPDN)

 Sebelumnya 
Kemudian, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar, Direktur Eksekutif Poltracking Indo nesia Hanta Yudha AR, Ketua Dewan Pembina Perludem Titi Anggraini. Hadir pula sebagai Sekretaris Jenderal dari sembilan Partai Politik penghuni Senayan. Yaitu, PDIP, Golkar, Gerindra, Nas Dem, Demokrat, PKB, PAN, PKS dan PPP.

Hadi menjelaskan, seiring dengan proses pentahapan yang telah dilakukan KPU dan Bawas lu dalam penyelenggaraan Pemi lu 2024, isu tentang penundaan pemilu berkembang di tengah masyarakat. Isu yang bikin geger ini dipicu putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang mengabulkan gugatan dari Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA).

Baca juga : BSKDN Minta Pemprov Bali Kembangkan Inovasi Murah Tapi Berkualitas

Putusan tersebut meminta KPU menunda tahapan Pemilu. Hal ini, tentu menimbulkan keraguan masyarakat terhadap kepastian waktu penyelengga raan Pemilu. Menyikapi hal tersebut, IPDN dalam rangka Dies Natalis ke 67 menyelenggarakan seminar nasional, untuk membahas penyelenggaraan Pemilu oleh penyelenggara pemilu, sehingga memberikan ketegasan terhadap kepastian waktu pelaksanaan Pemilu.

Seminar ini juga akan mem bahas ancaman lain, yaitu, ancaman double Demokrasi. Antara lain, gugatan terhadap sistem pemilihan proporsional terbuka untuk menjadi sistem proporsional tertutup, yang saat ini sedang berproses di Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga : Gernas BBI Dan BBWI Sukses Lahirkan Pelaku UMKM Di Berbagai Daerah

Kepala Biro Hukum, SDM dan Kerja Sama IPDN Arief M Edie menyatakan, sebagai lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), IPDN merasa perlu memberi pemahaman dan informasi kepada masyarakat tentang Pemilu 2024 melalui seminar nasional ini.

 “Seminar ini harus dilakukan untuk membantu mensukseskan Pemilu 2024. Supaya masyara kat mendapat informasi yang benar tentang Pemilu. Sampai saat ini hanya IPDN yang meng gelar seminar tentang Pemilu,” tutur Arief.

Baca juga : Hari Pers Nasional, Ibas Harap Pers Kritis Bermartabat

Seminar ini akan diikuti jajaran KPU dan Bawaslu di seluruh Indonesia, serta mahasiswa dan akademisi IPDN di delapan kampus di daerah dan universitas lain.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.