Dark/Light Mode

Ganjar Pranowo Umumkan Mudik Gratis Bagi Warga Jateng Di Jabodetabek

Senin, 13 Maret 2023 22:52 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan fasilitas mudik gratis bagi warga yang berada di wilayah Jabodetabek. Pendaftaran untuk program tersebut dibuka hari ini, Senin (13/3). 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengumumkan program mudik gratis tersebut melalui akun Twitter pribadinya pada Minggu (12/3).

"Sedulur-sedulurku warga Jawa Tengah yang ada di Jabodetabek, sudah persiapan mudik belum? Ikut MUDIK GRATIS yuk," tulis Ganjar di akun Twitter-nya, dikutip Senin (13/3).

Ganjar menjelaskan, syarat untuk mengikuti program mudik gratis ini adalah memiliki KTP Jawa Tengah atau kelahiran dari provinsi tersebut.

Program ini akan menggunakan bus bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bupati/Wali Kota, dan Bank Jateng.

Baca juga : Ganjar Lakukan Doa Bersama Untuk Keselamatan Warga Di Lereng Merapi

Rencananya, program mudik gratis ini akan dimulai pada 17 April 2023 dari Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta Timur. Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga menyediakan 43 armada bus untuk arus balik.

Rombongan mudik yang ingin kembali ke wilayah domisili mereka bisa memanfaatkan bus yang dipusatkan di Asrama Haji Dohohudan Solo, Terminal Mangkang Semarang, dan Terminal Bulupitu Purwokerto.

Dengan adanya program mudik gratis ini, diharapkan warga Jawa Tengah yang berada di Jabodetabek dapat merayakan Lebaran 2023 bersama keluarga tanpa harus khawatir dengan biaya transportasi.

Tujuan keberangkatan ke sejumlah titik di Jawa Tengah yakni, Solo Raya (Klaten, Wonogiri, Sukoharjo, Surakarta, Boyolali, Sragen, Karanganyar).

Lalu, Semarang (Kendal, Demak, Grobogan, Salatiga, Kota/Kab Semarang) dan Banyumas (Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara, Banyumas).

Baca juga : IKN Nusantara Perbaiki Kualitas Hidup Warga Dayak Hulu Mahakam

Serta, Kedu (Purworejo, Kota/Kab Magelang, Kebumen, Temanggung, Wonosobo) Pati (Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Blora) Pekalongan (Kota/Kab Pekalongan, Kota/Kab Tegal, Brebes, Pemalang, Batang).

Adapun warga Jawa Tengah yang hendak ikut program mudik gratis harus memenuhi beberapa syarat. Di antaranya, KTP/kelahiran Jawa Tengah dan endaftar dalam satu keluarga/kelompok maksimal 4 orang.

Pendaftaran online bisa dilakukan melalui tautan pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id/swa.

Sementara cara daftarnya, pertama, buka web browser (chrome/mozilla/safari, dll) Masukkan link tautan di atas, lalu pilih "mendaftar".

Pilih tujuan mudik. Untuk moda bus tersedia tujuan 35 kab/kota. Apabila ingin menggunakan moda transportasi Kereta Api, pendaftaran akan dibuka pada 27 Maret 2023.

Baca juga : Ganjar Muda Padjajaran Jabar Gelar Penyuluhan Stunting Untuk Warga Kampung Sindang Barang

Jika berniat ikut arus mudik pada 29 April 2023, silakan pilih titik awal yaitu di Semarang (Terminal Mangkang), Solo (Donohudan) dan Purwokerto (Terminal Bulupitu).

Kepala Rombongan perlu memastikan mempunyai KTP Jawa Tengah atau di KTP tertera lahir di Jawa Tengah Masukkan 6 digit NIK dan Nomor Whatsapp Anda dengan benar. Ini diperlukan untuk cek status dan pengunduhan e-ticket.

Foto/scan KTP yang diupload maksimal ukuran 1 MB. Setelah semua form terisi dengan benar, klik 'Simpan'. Setelahnya akan muncul form isian data anggota keluarga yang akan mudik bersama Anda.

Perlu diketahui, setelah sukses mendaftar, Anda diperbolehkan membawa maksimal tiga anggota keluarga lainnya.

Anggota keluarga yang ikut bersama Anda tidak harus ber-KTP atau kelahiran Jawa Tengah. Anda pun perlu mengecek status pendaftaran secara berkala. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.