Dark/Light Mode

Ganjar Lakukan Doa Bersama Untuk Keselamatan Warga Di Lereng Merapi

Minggu, 12 Maret 2023 18:50 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, melakukan doa bersama masyarakat dan tokoh agama agar warga yang berada di sekitar Gunung Merapi diberi keselamatan, kesehatan serta kesabaran dalam menghadapi erupsi Merapi di Hotel Grand Mercure, Sukaharjo pada Minggu (12/3). (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, melakukan doa bersama masyarakat dan tokoh agama agar warga yang berada di sekitar Gunung Merapi diberi keselamatan, kesehatan serta kesabaran dalam menghadapi erupsi Merapi di Hotel Grand Mercure, Sukaharjo pada Minggu (12/3). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, melakukan doa bersama masyarakat dan tokoh agama agar warga yang berada di sekitar Gunung Merapi diberi keselamatan, kesehatan serta kesabaran dalam menghadapi erupsi Merapi.

Doa bersama itu dilakukan Ganjar, saat membuka Rapat Kerja Jajaran Kanwil Kementerian Agama Jateng di Hotel Grand Mercure, Sukaharjo pada Minggu (12/3) sore. Rapat tersebut dihadiri perwakilan umat beragama dan kepala kanwil se-Jateng.

"Mumpung kumpul banyak tokoh agama, kita berdoa untuk masyarakat di sekitar Merapi agar mereka diberi kekuatan, terus Merapi berevolusi sesuai sunatullah," ujar Ganjar dalam keterangannya.

Baca juga : Jawa Tengah Turunkan Tim Tanggap Bencana Erupsi Merapi

Diketahui, Gunung Merapi kembali erupsi pada Sabtu (11/3) siang dengan mengeluarkan awan panas guguran dengan radius bahaya sejauh 7 kilometer. Langit di sejumlah wilayah pun sempat gelap selama beberapa jam setelah tertutup awan panas.

Adapun 3 daerah di Jateng yang terdampak yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali.

Masyarakat yang berada di wilayah radius bahaya, telah diimbau untuk menjauhi lereng Merapi dan mengevakuasi diri ke tenda pengungsian jika status Merapi meningkat.

Baca juga : Ganjar Muda Padjajaran Jabar Gelar Penyuluhan Stunting Untuk Warga Kampung Sindang Barang

"Hari ini kita semua sedang siaga Merapi sejak kemarin saya mendapatkan informasi terus-menerus. Alhamdulillah masyarakat dari sisi resilience (ketangguhan) bagus di sana," kata Ganjar.

Terkait kondisi terkini masyarakat di sekitar Merapi, Ganjar menyampaikan sejak kemarin logistik seperti makanan, minuman dan masker telah disalurkan.

Ganjar memastikan kondisi masyarakat yang terdampak awan panas aman dan terus-menerus siaga, dengan dibantu tim asesmen yang telah diterjunkan Ganjar ke daerah terdampak.

Baca juga : Bersama Warga, Sahabat Ganjar Panjatkan Doa Untuk Korban Banjir Bandang Lahat

"Logistik, masker disiapkan. Terus kemudian tempat pengungsian disiapkan meski belum ada yang mengungsi, sambil kita terus memantau data. Kita semua siaga dan masyarakatnya aman yang penting," tegas Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.