Dark/Light Mode

Litbang Kompas: Ganjar Pranowo Jadi Capres Paling Banyak Dipilih Gen Z

Selasa, 28 Februari 2023 16:56 WIB
Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Litbang Kompas, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin preferensi calon presiden (capres) dari generasi Z.

Survei tersebut dilakukan pada tanggal 25 Januari hingga 4 Februari 2023 dengan melibatkan 1.202 responden dari 38 provinsi di Indonesia.

Dalam survei tersebut, Ganjar Pranowo memperoleh suara dari generasi Z sebesar 28,8 persen, disusul Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan 20,6 persen.

Baca juga : PAN Diprediksi Melesat

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menempati posisi ketiga dengan 9,1 persen suara, sementara mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menempati posisi keempat dengan 8,8 persen suara.

Di posisi kelima terdapat mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan suara 2,1 persen, sementara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menempati posisi keenam dengan perolehan suara 1,2 persen.

Posisi ketujuh ditempati oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan 0,9 persen suara, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini menempati posisi kedelapan dengan 0,6 persen suara.

Baca juga : Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo Naik di Kalangan Milenial

Namun, sebanyak 4,7 persen suara generasi Z jatuh pada tokoh lainnya yang tidak disebutkan namanya. Selain itu, 23,2 persen generasi Z masih belum memutuskan pilihan mereka terhadap calon presiden yang akan mereka pilih.

Survei Litbang Kompas dilakukan melalui wawancara tatap muka, dan sampel ditentukan secara acak melalui metode pencuplikan sistematis bertingkat. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dan margin of error sekitar 2,83 persen.

Meskipun survei ini hanya mewakili preferensi calon presiden dari generasi Z, namun hasilnya dapat memberikan gambaran mengenai siapa yang mungkin akan mendapat dukungan dari generasi muda di masa depan.

Baca juga : Dukungan Ganjar Presiden Hadir Dari Ratusan Nyai Dan Ning Di Jawa Barat

Ganjar Pranowo, dengan dukungan yang cukup besar dari generasi Z, dapat menjadi kandidat yang menarik perhatian di antara para calon presiden lainnya.

Namun, masih ada banyak waktu hingga pemilihan presiden, dan preferensi masyarakat dapat berubah seiring dengan peristiwa dan isu-isu yang terjadi di masa depan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.