Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemendagri: Pemerintah Tidak Ada Pikiran Tunda Pemilu

Selasa, 14 Maret 2023 18:52 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Polpum Kemendagri) Bahtiar menyoroti persoalan Pemilihan Umum (Pemilu) yang bergejolak beberapa waktu belakangan ini.

Mulai dari isu penundaan Pemilu, hingga uji materiil Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, khususnya perihal sistem proporsional terbuka, yang masih bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK) saat ini.

Bahtiar menegaskan, pemerintah tak pernah sedikitpun berencana melakukan penundaan Pemilu.

Baca juga : Rektor IPDN: Pemilu Amanat Konstitusi, Tidak Mungkin Ditunda Dan Diundur

“Pemerintah dari Kemendagri Dirjen Politik, anak buahnya Mendagri yang juga rapat di Menko Polhukam setiap waktu, sampai hari ini tidak ada pikiran tunda-tunda Pemilu itu,” tegas Bahtiar, saat Seminar Nasional Dies Natalis IPDN ke-67, di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (14/3).

Menurutnya, isu tersebut hanya diucapkan oleh segelintir pihak saja. Pasalnya, kata Bahtiar, pemerintah hingga saat ini pun tak pernah melakukan penyusunan aturan terkait penundaan Pemilu itu.

“Hanya orang-orang tertentu saja. Secara institusi pemerintah, posisi pemerintah, tidak pernah berpikir, bahkan mendrafting sekalipun, saya sebagai Dirjen Politik, tidak pernah ada pikiran tunda-tunda Pemilu itu,” kata dia.

Baca juga : Lestari Minta Pemerintah Konsisten Tegakan Aturan Di Kawasan Wisata

“Dan saya pastikan akan kita lawan, saya sebagai Dirjen, siapapun yang coba-coba melawan konstitusi,” lanjut Bahtiar.

Ia menyebut, diskusi yang membahas tentang ketatanegaraan memang tidak dilarang. Namun, lanjut dia, niat untuk mengubah konstitusi harus dihentikan.

Ia pun berjanji, penundaan Pemilu tidak akan pernah terjadi selama dirinya masih menjabat sebagai Dirjen Polpum Kemendagri.

Baca juga : Draft RUU Kesehatan Sudah Di Tangan Pemerintah, Partisipasi Publik Ditunggu

“Dia mau diskusi silahkan saja. Tapi hukumnya kan kita yang bikin sebagai pembentuk Undang-Undang dengan DPR, kita pastikan itu tidak akan pernah terjadi. Maka yang saya janjikan dengan kawan, selama Bahtiar masih Dirjen Polpum tidak akan pernah ada penundaan Pemilu,” tegasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.