Dark/Light Mode

Kemenkes Gandeng TNI Perkuat Layanan Kesehatan Untuk Masyarakat

Kamis, 30 Maret 2023 12:09 WIB
Kemenkes dan TNI sineergi menangkal ancaman kesehatan yang akan terjadi setiap hari.
Kemenkes dan TNI sineergi menangkal ancaman kesehatan yang akan terjadi setiap hari.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama TNI bersinergi untuk menangkal ancaman kesehatan yang akan terjadi.  Kemenkes telah melakukan transformasi sistem kesehatan sebagai solusi.

Dalam sambutannya, Menkes Budi G Sadikin mengatakan, bahwa kerja sama antara Kemenkes dan TNI sudah berjalan baik selama penanganan pandemi Covid-19.

“Kita harus merumuskan lebih matang lagi sehingga ke depan bisa lebih baik. Kita sudah melakukan transformasi kesehatan, intinya adalah untuk menjaga keselamatan bangsa, itu yang lebih utama,” ucap Menkes dikutip Kamis (30/3).

Menurut Menkes, saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang masih kesulitan untuk mengakses layanan kesehatan, untuk itu, ia meminta agar kolaborasi antara Kemenkes dan TNI bisa berjalan dengan jaringan TNI yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga : GMC Sumut Gelar Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Untuk Warga Karo

“Kita kekurangan dokter yang bisa melayani penyakit jantung, kanker, stroke dan ginjal di daerah. Jadi saya mau meningkatkan jumlahnya,” ucap Menkes

Pihak Kemenkes siap membantu dalam pemenuhan alat kesehatan ke RS TNI sehingga pelayanan akan empat penyakit tersebut bisa ditangani di daerah.

“Jadi kita minta bantuan TNI, nanti kita bantu memasukkan alatnya ke RS TNI, kita juga siapkan 2500 beasiswa untuk dokter spesialis pertahun yang juga dapat dimanfaatkan untuk dokter TNI” tambah Menkes

Menkes berharap, TNI dapat terus mendukung pelaksanaan transformasi sistem kesehatan Indonesia demi Indonesia yang lebih baik dan lebih sehat.

Baca juga : Bintang Toedjoe Berbagi Berkah Ramadan Untuk DKM Se-Jakarta Timur

Enam Pilar TNI 

Sementara Panglima TNI Yudi Margono mengatakan, perlu adanya implementasi dan langkah nyata dari TNI dalam melaksanakan enam pilar transformasi kesehatan.

“TNI akan membantu kemenkes untuk bersama menyelesaikan permasalahan kesehatan, kita bisa bantu masyarakat di bidang kesehatan dengan seperti menjangkau wilayah di pulau-pulau,” ujar Margono

Panglima TNI  menekankan, pada upaya transformasi layanan primer TNI akan memperkuat aktivitas promotif dan preventif, memperbanyak skrining kesehatan dan meningkatkan layanan primer. 

Baca juga : Prabowo Kirim Surat Doakan Kesembuhan Ustad Das’ad Latif

Pada pilar transformasi layanan rujukan, TNI fokus meningkatkan kualitas serta pemerataan layanan kesehatan. Sementara pada pilar ketahanan kesehatan, TNI harus mampu mempertahankan sistem kesehatan yang baik di tengah ancaman kesehatan global terkait produksi dan distribusi kefarmasian dan alkes.

Pada pilar keempat, TNI harus mampu memberi kemudahan dan kesetaraan akses layanan kesehatan terutama bagi masyarakat kurang mampu. Pada pilar kelima, TNI harus mampu memenuhi distribusi nakes di seluruh Indonesia. Dan pada pilar terakhir TNI harus mampu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi terkini agar digitalisasi dunia kesehatan segera terwujud.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.