Dark/Light Mode

Mensos Minta Rusun Bantuan Pemerintah Tidak Berpindah Tangan

Jumat, 31 Maret 2023 17:14 WIB
Mensos Tri Rismaharini meresmikan Rumah Susun (Rusun) Sentra Mulya Jaya di Jakarta, Jumat (31/3).
Mensos Tri Rismaharini meresmikan Rumah Susun (Rusun) Sentra Mulya Jaya di Jakarta, Jumat (31/3).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meresmikan Rumah Susun (Rusun) Sentra Mulya Jaya di Jakarta, Jumat (31/3). 

Mensos mengungkapkan, pembangunan Rusun ini sangat diperlukan masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) agar mereka tidak tinggal di kawasan kumuh maupun kolong-kolong jembatan yang tidak layak huni. 

“Ini rusun kedua yang kita siapkan untuk para penerima manfaat yang membutuhkan bantuan untuk rumah. Terima kasih atas izin dan arahan Presiden Joko Widodo serta Kementerian PUPR yang mewujudkan pembangunan rusun ini,” ucap Mensos. 

Mensos mengatakan, penghuni rusun adalah kelompok marjinal dan rentan menghadapi berbagai tantangan. Mereka juga tinggal di berbagai tempat, baik Jakarta atau di luarnya.

Baca juga : Lestari Minta Tenaga Pengajar Kompeten Merata Di Tanah Air

"Kita akan coba mapping masalahnya satu persatu, tetapi sementara mereka bisa bertempat tinggal yang layak di rumah susun ini. Saya melihat betapa sulitnya hidup mereka,” tambah Risma. 

Tidak hanya sekedar sebagai tempat tinggal, di rusun tersebut, para penghuni juga akan difasilitasi dengan pemberdayaan sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. 

“Selain rusun, kita bantu mereka untuk usaha,” ungkap Mensos.

Para penghuni rusun akan diberikan berbagai pembekalan keterampilan, seperti fashion ataupun usaha lainnya. Sehingga mereka dapat menentukan, usaha apa yang cocok untuk dijalankan oleh mereka. 

Baca juga : Jokowi Minta Erick Usahakan Indonesia Tak Kena Sanksi FIFA

“Mereka akan diberikan pembekalan keterampilan. Kita kan nggak bisa memaksakan mereka sesuai, fashion mereka ada jahit, ada kuliner, ada handicraft, laundry,“ kata Risma. 

Diharapkan melalui pemberdayaan yang diberikan, para penghuni dapat melanjutkan kehidupan di luar rumah susun dan bisa memperbaiki perekenomian mereka sehingga dapat keluar dari kemiskinan dan hidup lebih sejahtera. 

Mensos juga mengingkatkan kepada penerima manfaat rusun untuk tidak memindahtangankan bantuan rusun ini kepada pihak lain.

“Jika terbukti memindahtangankan unit rusun tersebut, maka Kementerian Sosial akan langsung mencabut bantuan tersebut,” tegasnya. ■

Baca juga : Erick: Saya Minta Semua Pecinta Sepak Bola Berkepala Tegak


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.