Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Penaburnesia Momen Unjuk Bakat Dan Kreativitas Anak Indonesia

Kamis, 23 Maret 2023 17:05 WIB
Adri Lazuardi, Ketua Umum Yayasan BPK Penabur. (Foto : ist)
Adri Lazuardi, Ketua Umum Yayasan BPK Penabur. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan BPK Penabur memberi kesempatan kepada siswa-siswa Indonesia menampilkan bakat dan kreativitas mereka dalam bidang seni dan budaya lewat acara Penaburnesia: Eskpresi Anak Nusantara.

Adri Lazuardi, Ketua Umum Yayasan BPK Penabur mengatakan, Yayasan BPK Penabur sangat memahami pentingnya memperkuat identitas budaya Indonesia dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui pengembangan bakat dan minat siswa.

"Yayasan BPK Penabur berharap dapat membantu siswa untuk berkembang secara penuh, termasuk dalam aspek sosial, emosional, dan kognitif," kata Adri dalam keterangan tertulisnya,Kamis (23/3).

Adri juga menyatakan Penaburnesia ini merupakan salah satu implementasi dari C + 2C yang saat ini digaungkan oleh Kemdikbudristek, C + 2C Character dan Citra Indonesia Zaman Now Positive (Citenzip) dimana siswa dapat mengembangkan karakter positif mereka melalui ekspresi kreativitas dan bakat dalam bidang budaya dan seni.

Baca juga : HNW Minta FIFA Konsisten Larang Timnas Israel Main Di Indonesia

"Juga untuk memperkuat pembentukan karakter positif pada siswa, sehingga mampu menghasilkan generasi yang berkarakter kuat dan mampu berkontribusi positif bagi bangsa dan negara," jelas Adri.

Selanjutnya menurut Adri, dengan memperkuat budaya Indonesia melalui ajang Penaburnesia, Yayasan BPK Penabur ingin membantu siswa agar memahami serta menghargai keberagaman budaya Indonesia, memperkuat rasa persatuan dan kesatuan antarsiswa di seluruh Indonesia.

"Sehingga tidak ada lagi sekat-sekat diantara parasiswa meskipun mereka berasal dari budaya, suku dan agama yang berbeda. Selain itu, Penaburnesiajuga bertujuan untuk mempromosikan potensi seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat luas, baik di dalam maupun luar negeri," jelasnya.

Yulianti, Ketua Pelaksana Penaburnesia mengungkapkan, kompetisi ini diadakan sebagai bentuk upaya untuk melestarikan warisan budaya Indonesia serta memberikan wadah bagi siswa-siswa Indonesia untuk menunjukkan bakat dan kreativitas mereka.

Baca juga : Presdir AP II Didapuk Jadi Wakil Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia

"Kami berharap ajang ini dapat menjadi salah satu ajang untuk menumbuhkan percaya diri siswa dan terus mengembangkan talentanya," tambah Yuli.

Penaburnesiadiikuti oleh 1244 siswa  yang terdiri dari 568 siswa TK dan 676 siswa SD, dari 201 sekolah yang berasal dari 12 propinsi di Indonesia.  Kategorinya mencakup; Jenjang TK Singing Contest lagu daerah dan dongeng Fabel Indonesia, Jenjang SD Singing Contest lagu daerah,  dongeng legenda Indonesia dan tarian tradisional.  

Para peserta akan dinilai oleh juri-juri yang terdiri dari ahli seni dan budaya, yang tidak diragukan lagi kemampuannya.

Adri berharap melalui Penaburnesia dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk mencintai dan melestarikan budaya Indonesia, serta meningkatkan rasa bangga terhadap warisan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.

Baca juga : Bamsoet Dorong Korindo Group Tingkatkan Investasi di Indonesia

Ingin mengikuti  puncak acara Penaburnesia pada 25 Maret 2023, pukul 10.00 WIB silahkan bergabung lewat youtube bpkpenaburofficial dan ig bpkpnaburoffical.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.