Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ngabuburit Di Masjid Cut Meutia

Menko PMK Muhadjir: Masjid Bisa Jadi Sentra Bangun SDM Indonesia

Jumat, 31 Maret 2023 22:58 WIB
Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (PMK) Muhadjir Effendy. (Foto : ist)
Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (PMK) Muhadjir Effendy. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (PMK) Muhadjir Effendy berharap masjid menjadi tempat para pemuda berkontribusi sesuai bidang keahliannya mencerdaskan bangsa demi kemajuan Indonesia. 

Hal itu dikatakan Muhadjir pada acara Ngabuburit Asyik (Ngasik) 1444 Hijriyah di Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (31/3).

Bertajuk “Dari Masjid Membangun Indonesia" hadir juga Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, dan Influencer Kemal Pahlevi.

Baca juga : Food Estate Diharapkan Bisa Stabilkan Harga Pangan Indonesia

“Saya kira masjid ini sudah memberi contoh yang sangat bagus yaitu membangun ekosistem, tidak hanya aktifitas ibadah dan ekonomi tapi juga menanamkan kedisiplinan anak-anak melalui proses kegiatan belajar mengajar di masjid dan ini dalam rangka membangun ekosistem kebudayaan yang berbasis masjid,” jelas Muhadjir..

Masjid menurut Muhadjir bisa menjadi sentra atau episentrum gerakan revolusi mental berbasis keagamaan.

“Kalau kita bisa mengoptimalkan peranan pusat-pusat peribadatan termasuk masjid, maka sebetulnya akan memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalam upaya kita membangun sumber daya manusia Indonesia,” jelas Muhadjir. 

Baca juga : Gus Ulil Sebut Kakek Mertua Ganjar Sebagai Sosok Penting Bangsa Indonesia

Perwakilan Masjid Cut Meutia, Muhammad Pradana menjelaskan berbagai program yang dijalankan, salah satunya Ngabuburit Asik (Ngasik), Masjid Cut Meutia menjadi pemantik bagi masjid lain menjadi medium membangun karakter bangsa.

“Di Jakarta ada sekitar 800.000 masjid, jika semua masjid di bulan Ramadhan mengadakan kegiatan serupa, saya yakin bahwa SDM yang ada di masjid dan sekitarnya, insya Allah akan terupgrade dengan baik,” ujarnya. 

Menurut Pradana, nasib bangsa terpecah atau bersatu juga tergantung masjid. Hal ini salah satunya terlihat dengan imbauan yang disampaikan pemerintah untuk tidak mempolitisasi masjid.

Baca juga : Hari Ini Ditahan, Mantan PM Malaysia Muhyiddin Yassin Bakal Senasib Dengan Najib Razak?

“Ini salah satu bukti bahwa masjid mempunyai kontribusi besar atau peran besar bahwa ke arah ke depannya kira-kira bangsa ini terpolar atau Bersatu. Untuk itu pihaknya berharap agar masjid terjaga sehingga bangsa kita ke depaqnnya Bersatu, apalagi menghadapi tahun politik,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Ramadhan Masjid Cut Meutia, Winyono Iman Santoso mengatakan, optimalisasi peran masjid memiliki peran penting dalam  pembangunan karakter atau jati diri Bangsa, the nation character building dan sumber daya manusia Indonesia yang berakhlak mulia.

"Salah satunya dengan memberdayakan ekonomi berbasis Masjid untuk kesejahteraan masyarakat. Acara ini juga sebagai bukti nyata sinergitas dalam bentuk forum dialog antara pemerintah dengan Masjid," katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.