Dark/Light Mode

Jelang KTT ASEAN Ke-42

Menhub Gercep Cek Sarana Transportasi Di Labuan Bajo

Minggu, 9 April 2023 07:50 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (tengah) didampingi Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi (kedua kiri, bertopi) meninjau sarana dan prasarana transportasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (8/4/2023). (Foto: Humas Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (tengah) didampingi Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi (kedua kiri, bertopi) meninjau sarana dan prasarana transportasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (8/4/2023). (Foto: Humas Kemenhub)

 Sebelumnya 
Dia juga melihat kesiapan Hotel Meruorah yang berlo­kasi di Kawasan Marina Terpadu Labuan Bajo. Hotel yang dikem­bangkan PT ASDP Indonesia Ferry dan PT Pembangunan Perumahan (PP) ini akan digu­nakan untuk kegiatan Meeting, Incentive, Convention and Ex­hibition (MICE) dan menjadi lokasi akomodasi bagi para delegasi.

Menjelang pelaksanaan KTT ASEAN pada 9-11 Mei men­datang, BKS menginstruksikan jajarannya terus mengintensifkan koordinasi dengan para pemangku kepentingan. Baik dengan kementerian/lembaga terkait, maupun dengan operator sarana serta prasarana trans­portasi.

“Kegiatan internasional seperti KTT ASEAN ini menjadi momentum yang baik, untuk meningkatkan daya saing Indo­nesia di mata dunia, serta mem­perkenalkan kesenian, kuliner dan destinasi wisata di Labuan Bajo, agar sama terkenalnya dengan Bali,” tuturnya.

Baca juga : Menhub Cek Kesiapan Sarana Dan Prasarana Transportasi Labuan Bajo

Terpisah, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Pari­wisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina mengungkapkan, 3 ribu orang akan berkumpul meramaikan KTT ASEAN.

Rinciannya, delegasi KTT ASEAN sekitar 1.000 orang, tenaga pengamanan 1.300 orang serta panitia 1.000 orang dan lain sebagainya.

Saat ini, BPOLBF berkoor­dinasi untuk kesiapan akomodasi. Terutama, karena kedatangan para pimpinan dan delegasi bersamaan dengan puncak liburan di Labuan Bajo.

Baca juga : Transaksi 300 T Bukan Korupsi

“Saat ini, kami mengumpul­kan kamar, karena berbarengan dengan puncak kunjungan wisatawan,” ungkap Shana.

Dia juga memastikan tidak ada penutupan pariwisata Labuan Bajo selama kegiatan KTT ASEAN.

“Tetap dijalankan seperti biasa, bedanya agak macet sedikit saja karena ada pengkondisian terutama di Hotel Meruorah, Ho­tel Ayana, dan Puncak Waringin. Itu yang akan menjadi lokasi-lokasi utama,” jelasnya.

Baca juga : Jelang Ramadan, Sinar Mas Gelar Bazar Migor Di Serang

Kepala Divisi (Kadiv) Hu­mas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan, pengamanan KTT ASEAN 2023 akan berpedoman pada kesuksesan pengamanan KTT G20 di Bali.

“Pengamanan sedang dipersiapkan dengan mempedo­mani success story G20,” kata Sandi.

Sandi tidak merinci persiapan apa saja yang tengah dilakukan Polri. Namun, dalam setiap kesempatan, kesiapan untuk penga­manan KTT ASEAN 2023 terus diingatkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.