Dark/Light Mode

Buka Penerbangan Umrah

Kertajati Menggeliat Lagi

Senin, 10 April 2023 07:50 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (kiri) bersama Menko Bidang Pembangunan Kemanusiaan Manusia (PMK) Muhajir Effendi (kedua kiri), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono (kedua kanan) dan Dirut PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kanan) meninjau Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (9/4/2023). (Foto: Humas Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (kiri) bersama Menko Bidang Pembangunan Kemanusiaan Manusia (PMK) Muhajir Effendi (kedua kiri), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono (kedua kanan) dan Dirut PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kanan) meninjau Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (9/4/2023). (Foto: Humas Kemenhub)

 Sebelumnya 
Selain untuk umrah, eks Dirut Angkasa Pura II ini memastikan akan terus berupaya mengopti­malkan pengoperasian pesawat dari dan ke Bandara Kertajati setelah masa mudik Lebaran.

Salah satu caranya, adalah dengan memindahkan rute penerbangan dari Bandara Hu­sein Sastranegara ke Bandara Kertajati.

“Nantinya semua pesawat jet dan propeler (baling-baling) akan beroperasi di Kertajati. Sementara, Bandara Husein Bandung akan melayani khusus pesawat VVIP dan private jet. Tapi, setahun ini pesawat propeler masih akan tetap beroperasi di Bandara Husein,” jelas Menhub.

Budi mengungkapkan Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar terhadap Ban­dara Kertajati ini.

Baca juga : Layani Penerbangan Umrah dan Haji, 3 Menteri Jokowi Cek Kesiapan Bandara Kertajati

Perhatian Presiden terhadap Bandara Kertajati, kata Menhub, sudah diberikan sejak bandara yang berada di Majalengka ini dibangun. Namun sayangnya, penerbangan di bandara ini ma­sih belum maksimal.

“Salah satunya, karena belum selesainya Tol Cisumdawu,” tutur BKS.

Sementara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menimpali, jalan tol Cisumdawu sepanjang 65 kilometer (km) ditargetkan sudah beroperasi secara penuh pada akhir Mei mendatang.

Basuki memastikan, Tol Cisumdawu akan terkoneksi dari Bandung hingga Dawuan Maja­lengka, pada arus mudik nanti.

Baca juga : Putus Penyebaran Hoax, Periksa Fakta dan Berita di Internet

“Dari Bandung ke Cisumdawu hanya 1 jam. Ini juga akan mendukung Bandara Kertajati sebagai hub baru,” ujar Basuki.

Menurutnya, saat ini petugas sedang berupaya menangani wilayah yang terdampak long­sor. Diperkirakan, pada 15 April nanti, penanganan tersebut su­dah selesai.

Basuki menambahkan, untuk penggunaan secara fungsional nanti, Tol Cisumdawu hanya bisa menggunakan dua lajurnya saja.

Ia menargetkan, paling lambat pada akhir Mei ini, Tol Cisum­dawu sudah bisa digunakan se­cara maksimal oleh masyarakat.

Baca juga : Industri Galangan Harapkan Perhatian Pemerintah

Dengan dibukanya Tol Cisumdawu ini, diharapkan bisa memu­dahkan akses masyarakat, yang hendak menuju Bandara Kerta­jati Majalengka.

Pihak pengelola Bandara Ker­tajati yaitu PT Bandara Interna­sional Jawa Barat (BIJB) dan PT Angkasa Pura II menyatakan fasilitas bandara telah siap untuk melayani para penumpang dan pergerakan pesawat baik untuk umroh, haji, maupun reguler.

Sejumlah fasilitas yang disiap­kan di antaranya yaitu, runway sepanjang 3.000 meter yang mampu didarati pesawat besar (wide body), area parkir pe­sawat yang mampu menampung hingga 22 pesawat, area terminal penumpang, parkir kendaraan, musholla, ruang penyimpanan barang berharga, AC, CCTV, stok bahan bakar, serta fasilitas lainnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.