Dark/Light Mode

Sempat Ragukan Proses Pembangunan

Mahfud Kini Puji IKN Ibarat Surga

Sabtu, 15 April 2023 07:50 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Kemenko Polhukam)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Kemenko Polhukam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Progres pembangunan fisik Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dikebut. Prosesnya kini telah mencapai 26 persen.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku sempat meragukan pembangunan IKN bisa berja­lan. Namun, kini Mahfud takjub dan kagum melihat pesatnya pembangunan infrastruktur di wilayah IKN.

“Saya termasuk orang yang agak ragu, ini pembangunan apa bisa jalan nggak, gitu. Tapi, beberapa bagian sudah sam­pai 8-15 persen, saya merasa takjub dan gembira. Ini kota masa depan. Ini seperti di surga,” kata Mahfud, usai meninjau langsung proyek pembangunan infrastruktur di IKN dikutip dari keterangan resminya, kemarin.

Baca juga : Para Profesor Usulkan Pembangunan Kedaulatan Pangan Sistemik

Eks Ketua Mahkamah Kon­stitusi (MK) ini didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli An­toni, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Menurutnya, pembangunan IKN ini bukan hanya menampil­kan keindahan, namun juga men­jadi kota masa depan harapan manusia.

“Kota ini bukan hanya men­janjikan keindahan dan ke­nyamanan fisik, tetapi juga ada lokasi atau bagian-bagian yang menyediakan pemantapan spiritualitas dan religiusitas,” jelasnya.

Baca juga : Mardiono Dampingi Presiden Cek Ketersediaan Pangan

Setelah melihat langsung pro­gres pembangunan, Mahfud optimis IKN Nusantara bisa menjadi kota percontohan bagi dunia. Dia pun sudah tidak sabar bisa menyaksikan pembangunan IKN diselesaikan.

“Insya Allah, kita doakan dan saya sungguh optimis sekarang kota ini segera jadi, meski ada tahapan-tahapannya,” tutur man­tan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Ke­pala Badan Perencanaan Pem­bangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengung­kapkan, pembangunan fisik IKN telah mencapai 26 persen.

Baca juga : 6 Pejabat DJKA Terima Suap Dari Pengaturan 4 Proyek Pembangunan Jalur KA, Totalnya Rp 14,5 Miliar

Menurutnya, pembangunan tersebut meliputi infrastruktur dasar, seperti infrastruktur air minum, sanitasi, jalan, gedung pemerintahan, dan perumahan.

“Bangunan yang dimaksud termasuk untuk penyediaan air bersih, kemudian pembangunan waduk yang sebentar lagi kita akan fungsikan waduk tersebut,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.