Dark/Light Mode

Program RI Di Hannover Messe 2023 Dapat Respon Positif Dari Pengunjung

Selasa, 2 Mei 2023 22:56 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada penghujung pagelaran Hannover Messe 2023, Deutsche Messe AG (DMAG) menyelenggarakan kegiatan closing press conference yang berlokasi di Industrial Transformation Conference Stage, Hall 3, Hannover Messe Fairgrounds.

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Chief Executive Officer (CEO) DMAG dan Presiden Asosiasi Industri Jerman, Verband der Elektro- und Digitalindustrie (ZVEI), serta Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (Dirjen KPAII) Eko S.A. Cahyanto.

“Sebagai partner country, Indonesia merasa sangat senang dapat menjadi bagian dari pagelaran pameran industri terbesar yang membawa dampak positif terhadap peningkatan investasi di Indonesia,” ucap Eko. 

Selama pameran, pengunjung yang hadir menyampaikan respon positif atas penyelenggaraan program Indonesia sebagai partner country Hannover Messe 2023.

Baca juga : Peruri Bawa Pengunjung Hannover Messe 2023 Masuk Ke Peruriverse

Program itu meliputi pagelaran seni yang ditampilkan saat opening ceremony, opening Indonesia Paviliun, country night, business summit, dan beberapa konferensi.

"Kesuksesan Indonesia sebagai partner country juga tergambar dari banyaknya pengunjung di Indonesia Paviliun dan 157 co-exhibitors," katanya.

Presiden ZVEI Dr. Gunther Kegel mengatakan, kendati terdapat demonstrasi di beberapa area di Jerman pada waktu yang bersamaan, Hannover Messe 2023 berjalan dengan kondusif.

Jumlah pengunjungnya pun mencapai ratusan ribu orang. Selain kalangan pebisnis, Hannover Messe juga berhasil menarik sejumlah delegasi politisi dari 50 negara untuk turut hadir dan berkontribusi.

Baca juga : Hannover Messe 2023 Sejalan Dengan Transformasi Ekonomi RI

Hal ini menjadikan Hannover Messe sebagai pagelaran yang unggul dibandingkan pameran industri lainnya. Lima hari penyelenggaraan Hannover Messe memberikan optimisme kepada 4.000 exhibitors untuk mengintegrasikan industri berkelanjutan.

CEO DMAG Dr. Jochen Köckler menyampaikan bahwa dari sekitar 130 ribu pengunjung Hannover Messe memiliki visi yang sama, yakni untuk mendukung industri yang lebih kompetitif dengan climate neutral.

Adapun 43 persen pengunjung Hannover Messe 2023 berasal dari luar Jerman, seperti Cina, Korea, Belanda, dan Amerika.

Dari sekian banyak jumlah pengunjung, diyakini sekitar 75 persen berkunjung ke Indonesia Paviliun dan juga ke 157 co-exhibitors asal Indonesia yang terletak di Hall 2, Hannover Messe Fairgrounds.

Baca juga : Awas, Buzzer Politik Sebar Konten Hoax

Sejalan dengan kondisi sektor perindustrian Indonesia yang kian membaik pasca pandemi Covid-19, kesempatan emas Indonesia sebagai partner country untuk yang ketiga kalinya telah berbuah manis.

Tercatat sampai dengan penutupan Hannover Messe 2023, terdapat 1 kesepakatan kerja sama G to G, 4 kesepakatan kerja sama G to B, dan 25 kesepakatan kerja sama B to B.

Kerja sama ini diproyeksikan dapat menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 80 ribu orang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.